Tags

, , , ,

Pernyataan pendatang.

Pernyataan pendatang.

Saat kita memasuki wilayah negara lain, lazimnya kita mengisi pernyataan mengenai barang bawaan kita. Hal ini adalah prosedur yang harus dilalui saat kita memasuki gerbang utama bandara internasional suatu negara.

Saat memasuki bandara Detroit saya melalui pemeriksaan Passport dan Custom. Pemeriksaan Passport dipisahkan antara warga negara Amerika dan pendatang. Pemeriksaan imigrasi melalui banyak gate paralel, dan kita menunggu giliran gate yang kosong. Yang diperiksa adalah Passport, dokumen pendukung (antara lain boarding pass), dan menyerahkan pernyataan custom.

Pernyataan custom ini adalah jawaban kita atas pertanyaan berbagai hal terkait yang kita bawa. Dari mulai bawaan buahan, sayuran, tumbuhan, makanan, binatang, dan banyak lagi. Juga pertanyaan mengenai banyak uang yang dibawa apakah melebihi batasan tertentu. Kalau masuk US membawa lebih dari 10 ribu dollar atau mata uang lain yang ekivalen nilainya maka harus dituliskan.

Kasus yang banyak terjadi adalah makanan. Tidak semua makanan dibolehkan masuk ke US.

Saya mencontreng kotak Yes pada isian: I am (We are) bringing: (a) fruits, vegetables, plants, seeds, food, insect.

Ya, karena saya memang bawa makanan dari kampung halaman.

Petugas kemudian mengarahkan saya (dan semua yang mempunyai kasus “contrengan” pada Yes) ke sekat ruang lain. Petugas disana menanyakan ulang apa yang saya bawa. Saya jawab: Indonesian snack.

Petugas yang badannya gede itu langsung bereaksi ngomong dengan temannya dibagian mesin pemindai: Ooo Indonesian snack, pass… (nadanya seolah sudah biasa menemukan kasus beginian hehehe…).

Weee, saya dibolehkan berlalu dan koper saya yang berisi “snack dan teman-temannya” tidak diperiksa detil (buka koper) setelah melalui mesin pemindai.

Sejak berangkat saya sudah siap jika ada penyitaan beberapa “snack dan teman-temannya” di petugas custom US. Ternyata diloloskan semua. 😀

Saya lalu berkesimpulan, sebaiknya memang kita jujur dan percaya diri saat ada pemeriksaan seperti ini. Bohong atau keragu-raguan akan membuat masalah panjang dan risikonya adalah ketinggalan penerbangan sambungan…
)
Advertisements