Tags

, , ,

Konstelasi Cassiopea

Konstelasi Cassiopea

Posisi favorit saat di dalam pesawat terbang adalah sisi jendela. Dari sana saya selalu mengamati banyak hal menarik sejak sebelum terbang, saat penerbangan, hingga berhenti parkir saat tiba di bandara tujuan.

Perjalanan dari bandara KLIA Malaysia menuju Schiphol Amsterdam adalah penerbangan panjang. Mungkin sekitar 15 jam di udara. Sangat membosankan, setabah apapun si penumpang 😀

Pesawat Boeing yang saya tumpangi, berbendera maskapai KLM, melewati Laut Caspia pada pukul 8 WIB, entah pukul berapa waktu lokal. Saya duduk di sisi jendela urutan kursi K.

Saya mengintip keluar jendela, melihat suasana gelap gulita. Hanya ada bintang ramai bercanda, maksudnya sinarnya kelap-kelip.

Segera saya dapatkan pola konstelasi yang nggak asing. Konstelasi Cassiopea..!

Konstelasi ini dikenal sebagai “konstelasi musim dingin” bagi penduduk di belahan Utara khatulistiwa dan juga dalam dunia astronomi. Mungkin karena ia terlihat jelas saat musim dingin di langit Utara oleh para pemburu bintang jaman baheula.

Kontelasi ini, menurut mitologi Yunani, menggambarkan seorang Ratu yang angkuh nan sombong. Kisah lengkapnya bagaimana sudah lupa.

Konstelasi ini juga mengingatkan saya akan film Serendipity produksi Miramax Film tahun 2001 yang saya lihat tahun 2003 di video bus saat dalam perjalanan dari Amsterdam ke Enschede, Belanda. Film yang menarik karena ada disebut-sebut konstelasi Cassiopea… 🙂

Kebetulan saat mengintip langit ini saya dalam perjalanan ke Amsterdam juga. Jadi antara penglihatan dan cerita astronomi dan film yang pernah dilihat langsung nyambung…

: )

