Tags

, , ,

Video In-Flight Safety

In-Flight Safety Video

Bagi yang terbiasa bepergian menggunakan pesawat terbang pastilah sudah hafal luar kepala dengan peragaan awak kabin akan aksi keselamatan dalam pesawat. Beberapa maskapai yang menggunakan pesawat besar dan trayek utama atau luar negeri sudah menggunakan video untuk peragaannya.

Saat perjalanan saya dari bandara Schiphol di Amsterdam ke bandara Detroit Metropolitan Wayne County di Michigan, saya menggunakan maskapai Delta Air Lines. Saat akan berangkat, awak kabin bersiap di posisi peragaan seperti biasa. Sementara itu video peragaan juga dihidupkan di beberapa layar lebar di kabin dan di layar kecil pada tiap-tiap tempat duduk.

Suasana yang nggak aneh.

Tapi kemudian saya merasakan ada keanehan. Sang awak kabin terasa sekali santai dalam berdiri maupun berinteraksi dengan penumpang terdekat. Biasanya awak kabin berdiri tegap dan nggak ada komunikasi dengan penumpang saat peragaan.

Saya segera tertarik melihat video peragaan. Ah ternyata benar dugaan saya, ada yang lain disana. Ada yang beda dari biasanya.

Sebagai gambaran ke-tidakbiasaan-nya adalah: Dimasukkannya unsur humor tanpa mengurangi arti dari yang dimaksud dalam peragaan. Contohnya:

  • Saat dua orang kembar duduk didekat pintu darurat bersama satu orang lain, lalu ditanya kesanggupan untuk mengatasi kondisi darurat. Satu orang lain tadi langsung mengundurkan diri tanda tak mampu. Penumpang lain yang menggantikan tempat duduk yang ditinggalkan ini ternyata adalah… (saya senyum beraaat…) 🙂
  • Penumpang dilarang merokok pada penerbangan “bebas asap rokok”, maka satu penumpang yang sedang ngerokok cangklong diperingati penumpang lain dengan kedipan mata… alamaak… 🙂
  • Beberapa lagi…

Pendekatan yang berbeda ini mampu langsung melekat dibenak saya. Efektif sekali rasanya. Mungkin bisa ditiru dalam bentuk lain untuk mengatasi “formalitas membosankan” dalam penyadaran penumpang akan tindakan dalam kondisi bahaya di perjalanan.

Silakan lihat videonya di Youtube seperti dibawah ini:

Apa pendapat anda..?
)
Advertisements