Tags

, , , , ,

Sumber gambar: CNN.com

Ilustrasi. Sumber gambar: CNN.com

Pernahkah kita memerhatikan seberapa akurat timbangan barang di tempat check-in bandara? Walau tampil angka berat dalam format elektronik/dijital di meja check-in, apa benar segitu..?

Pengalaman mengajarkan bahwa akurasi timbangan sudah nggak bener. Yang saya timbang di rumah sekian, saat timbang di tempat check-in menjadi sekian plus sekian.

Kenapa mesti memerhatikan hal ini? Yup, ini terkait dengan kuota berat yang diperbolehkan bagi satu orang dalam menitipkan bagasi dalam penerbangan. Kalau lebih dari kuota maka didenda. Yang repot kan kalau penerbangan internasional yang “terlihat” lebih ketat menjaga batasan berat bagasi per orang. Denda kelebihan berat lumayan booo…

Saat saya akan berangkat, untuk mengantisipasi hal ini saya sudah bersiap. Dalam peraturan, berat bagasi maksimal di penerbangan KLM internasional adalah 23 Kg. Maksimal berat bagasi ini adalah berbeda antarmaskapai dan juga antarkelas tiket.

Maka saya timbang koper saya di rumah dengan membatasi maksimal berat adalah (sekitar) 20 Kg. Pengukuran berat ini pakai timbangan biasa, timbangan orang. Simpangan error mungkin kurang dari 0,5 Kg.

Untuk mengepaskan (sekitar) 20 Kg ini maka saya harus mengorbankan beberapa barang: baju, celana, dan/atau “snack dan teman-temannya” untuk dibatalkan keikutsertaannya dalam koper. 😦 😀

Saat check-in di CGK pada counter KLM, segera saya angkat koper ke timbangan. Yes, benar saja, berat yang tercatat adalah 22 Kg (pembulatan berat, mungkin, dari 21 koma sekian), dan kemudian angka tersebut tercetak dilabel yang kita bawa untuk pengambilan di bandara tujuan akhir. Artinya berat koper saya aman sesuai kuota.

Hal ini juga terjadi saat saya melakukan beberapa perjalanan internasional dengan maskapai lain, dan di bandara negeri lain. Artinya, kemungkinan, ada kesepakatan ambang “melebihkan” berat. Entahlah…

Tip: Perhatikan batasan berat bagasi, dan persiapkan berat bagasi mu kurang dari peraturan yang ditetapkan. Daripada ngotot dengan petugas soal berat bagasi, mending cari aman dan cepat urusan. Pikiran lebih tenang. 🙂

Trik: Jika ada barang yang mesti dibawa tapi koper sudah melebih perkiraan kuota maka pikirkan untuk dimasukkan tas jinjing yang akan dibawa ke kabin. Tas jinjing/backpack lebih leluasa untuk urusan pengukuran berat. Risiko ya bawaan lebih berat saat naik-turun pesawat. 😀
)
