Tags

, , , ,

Pemindaian 3 Dimensi pada tubuh penumpang.

Pemindaian 3 Dimensi pada tubuh penumpang.

Pada beberapa negara tertentu, pemindaian penumpang pesawat dilakukan pada modus 3 dimensi. Penumpang diminta melepas semua yang bermetal, lalu berdiri di dalam ruang pindai khusus dengan mengangkat tangan pada posisi tertentu. Dari pindaian diketahui bentuk “anomali” yang dapat dikategorikan mencurigakan atau tidak.

Saya mengalami hal ini saat di bandara Schiphol Amsterdam akan memasuki ruang tunggu menuju Detroit Michigan. Artinya adalah memasuki wilayah keamanan negara US.

Proses pertama yang dilakukan adalah wawancara dengan petugas imigrasi US, ditanya ini itu, mau kemane, ngapain aje, dlsb. Yang penting tujuan jelas dan dokumen lengkap maka dibolehkan melanjut ke bagian pemindaian.

Di bagian pemindaian ini dilakukan dua macam pemindaian, yaitu pemindaian barang biasa (termasuk segala pernik bermetal), dan yang lain adalah pemindaian 3 dimensi manusianya.

Gambar diatas adalah contoh memasuki ruang pindai dan tangan pada posisi diatas. Jika ada yang nggak beres maka segera dilakukan pemindaian ulang, atau kalau perlu digeledah.

Saat di bandara AMS ini saya nggak mengalami hal macem-macem, pindai dan ok, segera pakai sepatu lagi dan lanjut ke ruang tunggu.

Memasuki bandara Detroit di Michigan saya mengalami hal sama, yaitu harus dipindai 3 dimensi. Segera masuk ruang pindai dan beres, keluar. Petugas menghampiri sambil senyum ramah dan meminta saya untuk mengulangi masuk ke ruang pindai lagi. Waduh..

Saya melirik sejenak ke citra/gambar 3 dimensi pindaian, wah ada bentuk yang aneh dan ditandai otomatis berwarna merah pada daerah pinggang saya.

Saat berdiri di ruang pindai, petugas meminta saya: mas coba pakai celana yang bener, rapikan dulu makainya. Kira-kira begitu dia kasih tau.

Saya baru sadar kalau celana saya gak karuan, mesti dirapikan dulu. Celana rada kedodoran berakibat hasil scan 3 dimensi menemukan “anomali” bentuk. Ini gara-gara lepas tali pinggang buru-buru sebelum dipindai tadi..!

Tarik celana keatas, rapikan sejenak, terus pindai lagi, aman. Saya dipersilakan lanjut. 😀

Jadi, tip memasuki pemindaian 3 dimensi:

  • Sebelum masuk ruang pindai sebaiknya rapikan pakaian sehingga nggak menjadikan bentuk anomali yang dicurigai oleh sistem pemindai 3 dimensi.

: )

