Tags

,

Blocks of ice

Kerusakan pada mobil saat suhu ekstrim dingin.

Kondisi cuaca ekstrim dingin seperti yang terjadi saat ini, dimana suhu dapat mencapai -30 C, akan merusak mobil. Membaca artikel dari AccuWeather.com ini menarik juga. Walau saya belum punya kendaraan, tapi mengetahui hal ini semoga akan berguna.

Tulisan ini menyebut: Mark Cox, school director of Bridgestone Winter Driving School, and Tom Deutcsh of Lindenhurst Long Island Firestone Complete Auto Care agree these are five problems to watch for this winter.

Jadi kayanya cukup okelah untuk diperhatikan seperti berikut ini:

  1. Batere (aki) mobil dapat mati dalam cuaca dingin. Baterai biasanya dapat bertahan rata-rata sekitar tiga tahun dan dapat tahan udara dingin. Dingin yang ekstrim dapat menarik tegangan dari baterai, sehingga sulit bagi mobil untuk hidup. Baterai biasanya bagus pada rentang antara -1 dan 32 C, begitu kurang dari batas bawah maka akan bermasalah.
  2. Cairan mengental jika suhu udara turunPeriksa semua cairan pada mobil. Ini termasuk power steering, rem dan cairan transmisi. Ketika suhu udara mendingin, cairan mengental dan akan menyulitkan bagi mobil. Transmisi adalah yang penting, cairan perlu mengalir cepat, dan mobil tidak akan berfungsi jika cairan transmisi mengalir lambat.
  3. Udara yang dingin akan mengurangi tekanan ban. Sebagian besar ban kehilangan 1 pound per inci persegi (psi) untuk setiap 10 F (atau 12 C) penurunan suhu. Jadi, memeriksa tekanan saat udara semakin dingin sangat penting.
  4. Wiper dapat rusak. Pastikan untuk membersihkan kaca depan mobil sebelum menghidupkan wiper. Banyak masalah wiper berasal dari kaca depan tidak bersih dan kemudian wiper dihidupkan.
  5. Kehandalan Spark Plug (busi) melemah selama musim dingin. Busi yang memburuk, dimana komponen pengapian atau tersumbatnya filter, dapat menyebabkan kendaraan tidak bisa distarter. Karena suhu yang dingin, starter susah maka akan berakibat busi memburuk atau akan mengurangi kekuatan kabel.
Merawat kendaraan saat musim dingin apalagi yang tergolong ekstrim dingin (mencapai -15 hingga -30 C) memang nggak mudah. Lebih berhati-hati dengan kondisi mobil tentu dapat menyelamatkan penggunanya.
)
Advertisements