Tags

, , , , ,

Teh Chrysanthemum

Teh Chrysanthemum dalam kemasan sachet.

Mungkin hampir semua orang sudah pernah mengalami mimisan. Dalam kedokteran, kalo gak salah, mimisan itu disebut epistaksis, yaitu pendarahan pada selaput hidung. Penyebab mimisan banyak, antara lain adalah karena udara ekstrim panas atau dingin.

Yang pernah saya alami terkait dengan kondisi udara ini adalah saat di musim dingin, saat itu di Enschede, Belanda. Saat bangun tidur pagi hari, hidung terasa nggak enak, dan saat membersihkan kotorannya, keluarlah darah kering atau kadang segar.

Di East Lansing saat inipun mengalami hal serupa. Suhu udara (di luar ruang) yang ekstrim berkisar -5 sd -30 Celsius, memaksa penghangat di dalam sarang, eh, apartemen dicukupkan hangatnya. Panas dingin dan keringnya udara inilah yang sangat mungkin menjadi penyebab saya mimisan.

Saat berangkat saya dibawain teh Chrysanthemum oleh istri. Rasanya saya belum pernah minum teh jenis ini. Salah satu khasiatnya, katanya, mengatasi panas dalam dan menyehatkan. Kemasannya sachet.

Okelah, saya coba minum menjelang tidur. Mmm… lumayan, esok pagi darah kering di hidung berkurang atau bahkan hilang/tidak keluar darah. Beberapa kali dicoba, dan cukup manjur. Lumayanlah sebagai alternatif mencegah mimisan.

Terima kasih Tong Fang… eh, terima kasih Teh Chrysantemum…

: )

*/ Bacaan terkait: 20 Penyebab Utama Mimisan (Republika OnLine)

