Tags

, , , , ,

Daging kalkun dapat dua potong..!

Daging kalkun dapat dua potong..!

Jumat minggu lalu menjadi Jumat daging pertama saya di sini. Maksudnya, baru hari Jumat itu saya merasakan daging setelah sekian hari tak berjumpa sejak kedatangan.

Sholat Jumat di East Lansing adalah di Islamic Center, yang berjarak satu kilometer dari Lab GOES di Manly Miles Building. Masih satu jalan utama, yaitu Harrison Road, tetapi dipisahkan oleh rel kereta api dua kali.

Saya berangkat dari Manly Miles jam 12 siang, berpakaian lengkap. Suhu di luar adalah sekitar -11 derajat Celsius dengan realfeel -20 Celsius. Angin cukup lumayan, dan salju terkadang turun, atau terbawa angin dari dahan pepohonan dan dari atap-atap rumah/gedung. Perjalanan kaki dimulai dengan perhitungan yang cukup matang mengenai kecepatan atau gerak badan, supaya tetap hangat. Balaclava dipakai melapisi kepala yang telah ditutup juga oleh kerudung sweater. Kerudung jaket menjadi pelapis paling luar.

Lima ratus meter pertama jejari kaki sudah kerasa sakit karena dingin yang tajam. Niat yang keras dibantu dengan beberapa trik menghangatkan tubuh maka perjalanan dipaksakan terus tanpa henti.

Alhamdulillah, sampai di Masjid, berberes jaket, wudhu, dan segera ambil posisi duduk di dalam. Peserta sholat Jumat kali ini sama penuhnya dengan saat minggu lalu. Ohya minggu lalu saya ke masjid ini bersama Mousa, rekan muslim di Lab asal dari Senegal, mengendarai mobilnya. Hari ini Mousa nggak masuk Lab, yang menyebabkan saya jalan kaki, hehehe.

Jejak dari lab ke masjid.

Jejak dari lab ke masjid.

Selesai sholat, disela sebentar dengan acara simbolik pengucapan dua kalimat syahadat oleh seorang mualaf asal Amerika yang dulu pernah bertugas di Afganistan (atau Irak?). Simbolik, karena prosesi sebenarnya sudah dilakukan hari Rabu lalu di tempat yang sama.

Setelah acara ini selesai, maka sebagian hadirin langsung antri di ruang tengah, termasuk saya, untuk membeli sekaligus donasi, paket nasi lemak. Hanya dengan uang 5 dollar maka didapat satu paket makanan (ukuran tempat sekitar 20 x 20 cm) dan sebotol minuman yang boleh pilih dari beberapa macam jenis. Ada air mineral biasa ada juga berbagai jenis jus.

Saat paket dibuka maka terlihatlah… dua potong daging kalkun..! Dua potong, saudara-saudara. Sementara teman-teman yang lain, student berasal dari Indonesia dan Malaysia yang duduk bersama di lantai, hanya dapat satu potong saja, hehehe…

Daging kalkun ini adalah daging pertama yang saya rasakan di East Lansing. Alhamdulillah, masakan hari itu enak dan makanan terasa nikmat sekali. Dua potong daging ayam kalkun, berserta nasi lemak, salad, dan gorengan perlahan tapi pasti mengisi perut disiang ba’da sholat Jumat itu.

Pulang kembali ke Lab, dimana 2/3 perjalanan dilakukan sendiri, setelah berpisah dengan rekan-rekan Indonesia di halte bis. Dengan perut terisi cukup maka badan pun terasa hangat. Tetapi tetap saja perjalanan harus terkendali, terutama karena jejari kaki mulai terasa sakit setelah setengah jarak tempuh. Alhamdulillah akhirnya sampai di Lab dengan selamat.

Jumat yang endaah…
)
Advertisements