Tags

, , , ,

...

Ikhtisar dari Christine Carmichael pada Simposium Riset.

Saya menolak penanaman pohon di depan rumah saya. Begitulah kira-kira yang dikatakan sebagian masyarakat di kota Detroit, Michigan, pada pemdanya saat mana pemda akan menanam pepohonan. Pohon yang akan ditanam adalah pohon untuk pinggir jalan dan di tanah milik pemda. Tetapi ditolak oleh masyarakat di sekitarnya. Kenapa..?

Christine adalah salah seorang pemapar pada acara Graduate Student Research Symposium. Paparannya adalah salah satu yang menarik perhatian saya, yaitu mengenai rencana studi pendekatan kesertaan masyarakat untuk mendukung penanaman pohon di Detroit. The Greening of Detroit adalah salah satu organisasi masyarakat yang mencoba pendekatan untuk mengatasi penolakan ini.

Jamak kita ketahui bahwa pepohonan memberikan dampak yang positif terutama di permukiman. Selain untuk peneduhan juga untuk penyerapan air. Pengurangan kebisingan juga menjadi salah satu kegunaan pepohonan. Tetapi ternyata sebagian masyarakat di kota Detroit menolak ditanami pohon di depan rumah atau di lingkungannya. Terdengar aneh oleh saya…

Tetapi oleh para penolak pohon ini mereka mempunyai alasan personal. Antara lain adalah pohon akan menghalangi pandangan mereka, dedaunan pohon akan mengotori halaman, dan dapat meningkatkan kejahatan intip-intip (mengintip aktivitas tetangga dari atas pohon).

Alasan diatas terdengar lucu di telinga saya, tetapi mungkin memang demikianlah tata hidup mereka. Lalu pendekatan apa yang akan dilakukan untuk mengatasi penolakan ini..? Hal inilah yang akan di-riset-kan oleh Christine bersama The Greening of Detroit.

Akhir semester ini semoga hasilnya sudah ada, sehingga bisa menjadi alternative cara dalam penanaman pepohonan di permukiman.

*/ : )

Advertisements