Tags

, , , , , , ,

...

Masih tentang berita dampak dari letusan Gunung Kelud, kali ini saya mendapatkan pemberitaan pada situs berita daring mengenai kunjungan bapak Presiden Indonesia, SBY, ke lokasi pengungsian.

Pada situs web Tempo.co yang terpublikasi jam 20:07 WIB tertulis judul: Menunggu 9 Jam, Pengungsi Hanya Ditemui SBY 10 Menit. Berita lengkap sila klik disini.

Sedangkan pada situs web Kompas.com, terpublikasi jam 23:19 WIB tertulis judul yang serupa: Ditunggu 6 Jam, Presiden Hanya Tengok Pengungsi 15 Menit. Berita lengkap sila klik disini.

Keduanya adalah berita pada Senin tanggal 17 Februari 2014 mengenai kunjungan Presiden SBY di Desa Segaran, Kecamatan Wates, Kabupaten Kediri. Yang menarik adalah angka yang disebutkan dikedua judul berita. Yang satu menyebut sembilan jam, lainnya menyebut enam jam, perbedaan tiga jam saja… Angka yang lain adalah sepuluh dan 15 menit. Perbedan waktu adalah lima menit.

Tapi ada asiknya juga dari perbedaan ini, jam menunggu yang disebutkan Tempo dan Kompas mempunyai perbandingan 3 : 2. Pada angka “lama kunjungan”-nya juga mempunyai perbandingan yang sama, eh, perbandingan yang terbalik, yaitu 2 : 3.

Baiklah, untuk mudahnya, agar masyarakat yang bisa itung-itungan tidak bingung maka kita buat saja reratanya, bagaimana..?

  • Presiden SBY ditunggu oleh para pengungsi selama (6 + 9)/2 = 7,5 jam.
  • Pengungsi ditemui oleh pak SBY selama (15 + 10)/2 = 12,5 menit.

Beres sudah, kebingunan masyarakat pembaca berita ini semoga bisa direduksi. Kalau ada koran lain yang memunculkan angka berbeda ya tinggal faktor penjumlah dan pembaginya saja yang dimainkan.

Atau… semua harus dikembalikan pada masyarakat dengan jargon indah: biarkan masyarakat yang menilai

*/ : )

Advertisements