Tags

, , ,

...

Keberadaan kuburan keramat dapat melindungi pepohonan. Bagaimana bisa..? Apakah karena kekuatan kekeramatannya yang bisa menjaga keberadaan pohon-pohon tersebut..? Dalam perjalanan ke Benin, Erika Kraus menemukan kasus ini dan menjadi bahan penelitiannya kemudian.

Benin adalah salah satu negara di Afrika bagian Barat, bersebelahan dengan Togo di Timur dan Nigeria di Barat dan Niger serta Burkina Faso di bagian Utara. Erika mengungkapkan ini pada pemaparan makalahnya diacara Graduate Student Research Symposium. Ketertarikan Erika adalah ditemukannya banyak kasus dimana masyarakat tidak berani untuk membuka suatu wilayah hutan karena dianggap keramat.

Kebanyakan dari lokasi itu adalah makam atau kuburan yang dianggap keramat oleh pemimpin adat atau tetua suku setempat. Di lokasi ini dilarang sama sekali menebang pohon. Justru, pada daerah yang tadinya jarang mempunyai pohon, sang dukun atau tetua adat mengharuskan masyarakatnya menanam pohon-pohon lokal.

Ditemukan kasus dimana suatu daerah yang tadinya relatif gersang, kemudian didatangi oleh salah satu suku nomaden, dan kemudian dianggap bahwa di lokasi tersebut ada hal yang harus dikeramatkan, maka dimulailah keharusan masyarakat suku tersebut menanam berbagai pohon di sekitarnya. Hal ini menjadi suatu yang menarik terkait dengan penghutanan kembali kawasan yang kritis tersebut.

Lokasi Negara Benin

Hal serupa pernah saya temui di negara kita, dimana pada lokasi tertentu masyarakat tidak berani menebang pohon karena dianggap keramat. Antara lain, yang masih teringat, adalah di daerah Kabupaten Tegal, lalu di bagian Selatan Kabupaten Banyuwangi, dan juga di puncak sebuah bukit di Pulau Nusa Penida. Sehingga terlihat bahwa untuk lokasi keramat dan sekitarnya terjadi kerimbunan pohon yang lebih padat dibandingkan tempat lain.

Sangat mungkin yang terjadi di Benin dan Indonesia juga terjadi di banyak tempat lain. Kebijaksanaan tetua suku atau adat setempat dalam menetapkan suatu lokasi menjadi tempat keramat, terlepas dari kuburan atau apapun yang dikeramatkan, dapat membantu mempertahankan keberadaan pepohonan. Untuk skup yang lebih luas hal ini dapat ikut serta melindungi keberadaan hutan.

*/ : )

Advertisements