Tags

,

Smokey Bear sang Penjaga Kebakaran Hutan

Smokey Bear sang Penjaga Kebakaran Hutan (fhsarchives.wordpress.com)

Salah satu tokoh yang sangat dikenal di dunia kehutanan Amerika Serikat adalah seekor beruang yang diberi nama Smokey Bear. Ia adalah tokoh rekaan oleh seorang ilustrator bernama Albert Staehle.

Smokey Bear diperkenalkan pada publik Amerika pada tahun 1944-1945 saat mana The Forest Service and War Advertising Council berkampanye mengenai pengurangan kebakaran hutan yang disebabkan oleh manusia. Smokey Bear kemudian digambarkan sebagai beruang yang berpakaian manusia dengan pembawaan yang serius, menggunakan topi ranger dan memakai celana jeans. Tak ketinggalan membawa sebuah sekop.

Beruang cilik yang diberi nama Smokey Bear.

Beruang cilik yang diberi nama Smokey Bear (foresthistory.org).

Ada peristiwa unik dimana pada satu kejadian kebakaran di Capitan Gap, New Mexico, pada tahun 1950, seekor anak beruang berhasil diselamatkan. Beruang cilik ini kemudian diberi nama Smokey Bear dan dipelihara di National Zoo, Washington DC hingga tutup usia pada tahun 1976.

Tokoh Smokey Bear juga pernah dijadikan gambar perangko yang dikeluarkan pada 13 Agustus 1984.

Perangko bergambar Smokey Bear

Perangko bergambar Smokey Bear (fhsarchives.wordpress.com)

Hingga saat ini Smokey Bear tetap digunakan sebagai tokoh pelindung kebakaran hutan. Pada iklan layanan masyarakat di TV ataupun di radio selalu muncul Smokey Bear dengan tagline “Get Your Smokey On” atau “Smokey says: Care will prevent 9 out of 10 forest fires!”

*/ : )

Sumber bacaan:

Advertisements