Tags

,

...

Salju yang bertahan 3-4 bulan…

Sebagai penduduk daerah tropis maka kendala terbesar saat ke daerah subtropis adalah cuaca. Khususnya pada saat musim dingin, maka banyak kondisi yang tidak terpikirkan bisa terjadi.

Sebelum berangkat ke East Lansing, seorang rekan native mengingatkan saya dalam emailnya: get ready for SNOW!  Sweaters, boots, hat and gloves, winter jacket.

Yup, walaupun saya sudah baca banyak mengenai kondisi East Lansing tetapi karena belum pernah mengunjungi maka belum ada gambaran utuh terutama mengenai cuacanya. Peringatan rekan saya tadi menjadi hal penting yang harus saya siapkan.

Baju hangat

Baju jenis ini banyak didapat di kampung saya, di Bogor. Model apa aja ada, dan beragam kualitas dan harganya. Mencarinya tidak sulit ada dibanyak tempat. Tapi bukan hanya baju hangat (atau sweater) saja yang diperlukan, selain itu penting juga adalah long john. Pakaian jenis ini adalah pakaian lengan panjang dan celana panjang yang ketat dibadan. Bahannya biasanya katun. Mencarinya di Bogor agak susah, ketemu secara nggak sengaja di salah satu FO di Jalan Padjadjaran, itu pun tinggal 3 set.

Bukan foto saya.

Bukan foto saya.

Long john sangat membantu menghangatkan tubuh saat keluar ruangan atau rumah. Tentunya sebagai pakaian dalam ya… 😀

Sepatu Boots

Beberapa rekan menyarankan untuk membeli yang buagus sekalian supaya kuat. Tapi saya yang nggak kuat (belinya). Kalau yang manstap memang Docmar, boots harganya sekitar dua jutaan di Jakarta. Setelah berkeliling akhirnya saya menjatuhkan pilihan pada sepatu produk Bandung yang bermerk Borsa. Harga label adalah 6 ratus ribu, tapi kena diskon akhir tahun ya lumayan potongannya gede juga.

Borsa, produk Bandung.

Borsa, produk Bandung.

Bagaimana kekuatannya..? Dua bulan saya pakai dikondisi suhu minus belasan Celsius, blusukan salju dan air, hampir tiap hari jalan sejauh 1,5 – 2 Km masih kuat. Cukup hangat tetapi memang harus dibarengi pakai kaus kaki tebal. Semoga ia bertahan lama juga.

Topi dan Sarung Tangan

Topi disini maksudnya adalah penutup kepala. Saya masih menyimpan jenis penutup balaclava, jadi nggak perlu cari. Keuntungan jenis balaclava adalah muka bisa tertutup semua kecuali bagian mata, jadi mengurangi ketajaman dingin udara menyerang muka. Selain itu nafas juga bisa terlindung langsung dari udara bebas yang dingin untuk mempertahankan hangat tubuh.

sarung tangan dan balaclava

sarung tangan dan balaclava

Sarung tangan saya siapkan yang thermal insulation. Ini pun nggak perlu cari lagi karena masih menyimpan yang lama. Penutup kepala dan sarung tangan ini termasuk yang sangat penting. Kalaupun harus mencari, biasanya banyak dijual di bagian kegiatan outdoors untuk pendakian.

Jaket winter

Wah ini saya nggak dapat bayangan yang pas, seperti apa cocoknya. Dari perbandingan kondisi cuaca Belanda (yang pernah saya alami) dengan Michigan (dari bacaan) maka tentunya saat ini saya memerlukan ketebalan yang jauh lebih tebal. Di Bogor ada tempat untuk mencari jaket seperti ini.

SOT Factory Outlet adalah salah satu pilihan bagus untuk mencari pakaian musim dingin ini. Alamatnya di Jl. Binamarga I/17 – Bogor, Telepon (0251) 316-555. Walau barang reject tapi masih oke bangetlah. Saya pilih yang kira-kira mampu untuk bertahan hidup pada kondisi ekstrim melebihi Belanda. Yang saya pilih berharga 25% dari harga jual barang tersebut di Jerman (karena memang untuk diekspor ke Jerman) yang seharga 200 Euro. Terbukti lumayan untuk dipakai pada suhu -20an Celsius.

Selain jaket yang super tebal, dan tahan air tadi, saya juga menyiapkan jaket yang lebih ringan. Tidak begitu tebal tapi cukup kuat untuk menahan dingin seputaran nol derajat. Untuk jaket yang levelnya agak ringan ini saya dapatkan di Mal Belanova di Sentul City, Bogor. Ada satu toko FO juga yang menjual beragam pakaian diantaranya untuk musim dingin, namanya GSE (Gudang Sisa Export). Letak tokonya dibagian luar Mal yang menghadap ke Tol Jagorawi. Harganya sekitaran 100 – 150 ribu untuk satu jaket.

Jaket jenis ini saya pakai saat suhu diseputaran nol derajat. Cukup hangat dan tidak terlalu merepotkan memakainya, dibandingkan jaket yang super tebal tadi.

Semua barang diatas adalah wajib dimiliki jika akan bepergian ke daerah ekstrim dingin seperti di Michigan ini. Setidaknya dapat melindungi badan cukup baik untuk waktu tertentu saat berada di tempat terbuka.

Bagaimana gambaran kondisi cuaca di Michigan, khususnya di kota East Lansing..? Silakan baca berikut ini:

Semoga berguna bagi pembaca yang belum pernah mengalami kondisi ekstrim seperti ini.

*/ : )

