Tags

, , , , , , , ,

Visa pelajar untuk AS

Visa pelajar untuk AS

Bagaimana mendapatkan VISA Amerika Serikat untuk keperluan sekolah? Apa yang harus disiapkan sebelum kita mendaftarkan aplikasi VISA ke Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta atau layanan VISA di Surabaya..?

Saya coba mencatatkan disini berdasarkan pengalaman pengurusan pada tahun 2013/2014. Akan coba saya ceritakan dalam beberapa posting kedepan pada kategori Perijinan dan Imigrasi.

Pada posting kali ini saya akan bahas mengenai hal pertama yang harus disiapkan sebelum mengirimkan aplikasi daring ke Kedutaan Besar AS. Yang perlu disiapkan adalah sebagai berikut:

  1. LOA, atau Letter of Acceptance, dari universitas yang dituju. LOA terkait dengan semua persyaratan administrasi yang diterapkan pada sekolah tersebut.
  2. Keterangan keimigrasian dari pihak federal/pemerintah AS, yaitu surat keterangan dari US Department of Justice, Immigration and Naturalization Service. Surat ini biasanya dikeluarkan via sekolah (dan ditandatangi pihak sekolah), bersamaan dengan keluarnya LOA. Pada surat ini ada kode SEVIS (Student and Exchange Visitor Information System) yang diperlukan saat mengisi aplikasi VISA.

Untuk perhatian: Kode SEVIS adalah kuncinya untuk bisa mengisi aplikasi VISA Pelajar. Keluarnya kode ini tergantung pada LOA.

Bagaimana mendapatkan LOA..?

Hal ini tentunya sesuai dengan persyaratan di masing-masing universitas. Secara umum adalah sebagai berikut:

  • Sertifikat/Ijazah S1 untuk program master. Jika untuk program doktoral maka diperlukan sertifikat/ijazah S1 dan S2. Kedua ijazah diterjemah dalam bahasa Inggris. Dikirimkan langsung dalam versi kertas (bukan dijital) dari sekolah S1/S2 asal ke universitas yang dituju, tidak boleh melalui kita.
  • Transkrip nilai S1 dan/atau S2 yang sudah diterjemah dalam bahasa Inggris. Transkrip ini juga dikirimkan langsung oleh universitas asal, sama seperti Ijazah.
  • Hasil uji TOEFL/GRE iBT (Internet Based TOEFL) pada beberapa institusi yang diakui, hasilnya akan dikirimkan langsung ke universitas tujuan oleh penyelenggara. Keterangan untuk uji TOEFL ini sila klik disini.
  • Surat bukti dukungan keuangan atau affidavit letter yang berasal dari personal atau dari institusi (misal: beasiswa ). Masing-masing universitas mempunyai isian khusus yang relatif sama. Dapat diunduh dari situs web masing-masing.
  • Surat dukungan dari 2-3 orang yang berasal dari institusi kita (atasan) atau pihak lain yang terkait.
  • Surat dukungan dari Professor di universitas tujuan, atau LOI (letter of invitation).

Sekali lagi beberapa poin diatas adalah persyaratan yang umum diperlukan. Selebihnya ada disitus web masing-masing pada bagian admission. Beberapa dokumen dapat dikirimkan via layanan daring.

Berikut adalah taut contoh laman Admission yang ada disitus web Michigan State University, sila klik disini.

Akan saya lanjutkan pada posting berikutnya pada kategori Perijinan dan Imigrasi.

Advertisements