Tags

Earth Hour 2014

Earth Hour 2014

Beberapa tahun terakhir saya dan keluarga selalu mengikuti kampanye Earth Hour, yaitu memadamkan listrik selama satu jam pada tanggal dan jam tertentu sesuai kesepakatan kampanye. Walau tetangga kanan-kiri tidak mengikuti, bukanlah kemudian menjadi bahan ejekan atau pembicaraan negatif bagi kami.

Tetapi tentunya tidak hanya listrik yang dimatikan. Selama satu jam semua gadget juga dimatikan. Bukankah pemakaian gadget juga terkait pemakaian energi?

Ini adalah perbuatan dari diri sendiri untuk mengingatkan diri sendiri (dan keluarga). Jadi pemadaman listrik di rumah sendiri tidak terkait dengan seringnya pemadaman massal oleh perusahaan listrik. 😀

Tahun 2014, Earth Hour dilaksanakan pada Sabtu 29 Maret jam 20.30 sd 21.30 waktu setempat. Saya melakukannya sendiri di apartemen tempat kos, Spartan Village, East Lansing. Yang dilakukan adalah mematikan laptop dan lampu saja. Sementara itu penghangat ruang tidak dimatikan. Suhu saat kemarin adalah sekitar minus empat derajat Celsius, jadi penghangat masih diperlukan.

Kali ini gadget (ponsel) tidak saya matikan sebagaimana tahun-tahun sebelumnya. Kenapa..? Karena ponsel selalu dipersiapkan untuk kondisi darurat.

Sebagai contoh, saat ada kejahatan atau potensi kejahatan yang terjadi di seputaran kampus maka semua mahasiswa dikirim SMS oleh pihak kampus. Saat kondisi cuaca ekstrim yang membahayakan keselamatan maka demikian juga, pihak kampus memberitahukan langsung ke siswa melalui SMS.

Karena itulah kali ini saya tidak mematikan ponsel saat kampanye Earth Hour yang berlangsung selama satu jam kemarin.

Saya tidak mencari tahu apakah di Greater Lansing ada acara khusus dalam rangka Earth Hour, yang biasanya dipusatkan di tengah kota. Entahlah. Yang penting adalah saya melakukan sendiri untuk menjaga semangat diri.

*/ : )

