Tags

, ,

Panelis Climate Change

Panelis Climate Change

Science Festival, kegiatan tahunan yang kedua diselenggarakan tahun ini pada tanggal satu sampai dengan enam April 2014.  Banyak kegilaan disajikan pada publik dan dilakukan dibanyak tempat seputaran kampus MSU.

Salah satu kegiatan yang cukup besar adalah pembicaraan para ahli dengan tajuk Climate Change in the Great Lakes Region and Beyond. Acara ini menampilkan enam pakar yang terkait dalam kegiatan Climate Change.

Mereka adalah Steve Running dari Univ of Montana, Bruno Basso, Don Scavia, Julie Winkler, Dave Skole, dan Jinhua Zhao dari MSU.

Scavia berbicara tentang Water, Great Lakes and Beyond. Sementara Basso membahas topik mengenai Global Water Cycle and Agriculture, dan Running berjudul Global Vegetation & Climate Change. Tiga ahli lainnya adalah pembahas dalam diskusi panel, sekaligus sebagai narasumber pada bidang keahliannya masing-masing.

Banyak sekali hal menarik dalam paparan para profesor ini. Tentunya tidak mendetil tetapi cukup menekankan tren yang terjadi sekarang terkait dengan isu perubahan iklim. Juga menjadi lebih menarik saat diskusi yang melibatkan para hadirin pada sesi panel.

Salah satu hal menarik yang saya catat adalah pengakuan bahwa apa yang telah dilakukan para ahli sama sekali tidak menyelesaikan isu pada perubahan iklim. Mengapa..?

Karena isu ini adalah isu yang sangat besar dan menyentuh semua bidang sehingga keterlibatan semua orang, tidak hanya pakar, akan sangat menentukan trennya dimasa depan: Apakah perubahan iklim ini dapat dikendalikan atau justru akan terlepas dan menjadi bola liar.

Ahli cenderung fokus pada masalah yang mempunyai skup sempit, sehingga tidak mungkin dapat menyelesaikan masalah yang terus berkembang. Diperlukan keterlibatan semua aspek kehidupan.

Dari sisi “keterlibatan semua pihak” mungkin terdengar sangat klise, tetapi dari sisi “pengakuan ketidakberdayaan” jika hanya mengandalkan para ahli maka menyadarkan bahwa isu ini adalah kompleks dan tidak sederhana.

Diskusi yang sangat menarik karena tidak menawarkan solusi yang mengawang-awang tetapi memberi perhatian penting sekali pada langkah yang membumi.

Materi bahasan akan dipublikasi secara daring pada situs Forestry (for.msu.edu). Jika sudah tersedia akan saya masukkan tautnya pada laman ini.

Kegiatan Science Festival dapat dilihat pada alamat: sciencefestival.msu.edu

*/ : )

Advertisements