Tags

, , , ,

Belasan peminat di Banding Wild Birds ini.

Peminat diacara Banding Wild Birds ini.

Bagaimana menangkap burung dengan baik..? Adakah caranya yang tepat..? Lalu apa sajakah yang kemudian dilakukan terhadap burung-burung tersebut..?

Sabtu pagi kali ini kondisi udara cukup menggigit. Suhu sekitar minus 6 Celsius. Berhubung sudah diniatkan dan memang sangat minat, maka saya berjalan ke Beal Botanical Garden, yang terletak di dalam kampus MSU. Jarak dari rumah di Spartan Village sekitar dua kilometer.

Walau suhu udara dibawah titik beku, tetapi ternyata sudah ada belasan orang di Beal Botanical Garden yang hadir. Mereka adalah dari berbagai latar belakang dan berbagai umur. Dari anak kecil, dewasa, hingga orang tua, dengan tekun dan penuh minat mendengarkan penjelasan dari mahasiswa pascasarjana Zoology yang menjadi tuan rumah, pada matakegiatan wild binding birds.

Kegiatan Banding Wild Birds ini adalah salah satu rangkaian dalam Science Festival 2014.

Para mahasiswa ini mengajarkan, atau memberi tahu, bagaimana menangkap burung-burung liar dengan benar. Dalam hal ini adalah menangkap tanpa membuat cedera pada burung. Untuk ini digunakan jala plastik yang halus dan dipasang sedemikian rupa, sehingga burung bisa terperangkap. Jala dipasang antara dua tiang pada beberapa lokasi di sekitar taman.

Beal Botanical Garden MSU

Burung-burung yang tertangkap ini kemudian dilepaskan dari jaring dengan cara yang benar, kemudian dilakukan pengukuran atau pencatatan untuk kepentingan ilmu pengetahuan, lalu dilepaskan kembali. Dapat juga dipasang alat pemancar untuk dapat dipindai keberadaannya. Demikian penjelasan tuan rumah.

Banyak burung liar bermacam jenis di taman ini pada pagi itu, bahkan ada burung besar yang termasuk predator datang dan hinggap tak jauh dari kami, kemudian terbang kembali setelah beberapa menit kemudian. Sangat menyenangkan saat mana berbicara burung dan pada waktu yang bersamaan terdapat banyak burung di sekeliling. 😀

Hampir dua jam berlalu, bagaimana hasil pada semua jala yang dipasang..? Ternyata… anda belum beruntung sodara-sodara… 😀

Jala yang biasanya berfungsi dan berhasil baik, pagi yang dingin ini tidak menghasilkan tangkapan satupun. Beberapa anak kecil yang hadir terlihat kecewa, pastinya…

Tapi saya merasakan hal lain, justru berhasil tidaknya jala bukan hal utama. Yang lebih penting adalah dapatnya banyak ilmu baru dari rekan-rekan mahasiswa zoology ini tentang apa perlunya mempelajari kehidupan burung bagi manusia.

Beberapa foto dapat dilihat berikut ini:

*/ : )

Advertisements