Tags

, , , ,

Vaksinasi

Halaman rekomendasi vaksinasi.

Salah satu syarat utama untuk memasuki sekolah (tahun ajaran baru ataupun pendaftaran baru) adalah dipenuhinya syarat vaksinasi. Usia nol hingga 18 tahun memang diwajibkan bermacam imunisasi antara lain melalui vaksinasi. Anak-anak saya yang memasuki Middle dan High School di Haslett juga diharuskan.

Karena kami adalah pindahan dari luar daerah maka diharuskan menyerahkan daftar riwayat medis vaksinasi. Medical record ini didapat melalui dokter/rumah sakit di lokasi awal (Bogor). Daftar ini kemudian diserahkan pada pihak sekolah saat pendaftaran. Kemudian setelah pihak sekolah memasukkan pada database akan terlihat vaksin apa saja yang masih diperlukan.

Saya membawa anak-anak ke Department of Community Health, Ingham County, State of Michigan, yang berlokasi di 5303 S. Cedar Street Lansing, MI 48909-7661. Tepatnya di Gedung 3 lantai 2 bagian vaksinasi.

Setelah mendaftar sebagai orang baru, kemudian mengisi formulir. Isiannya sangat standar seperti nama anak, tanggal lahir, nama orang tua, dan alamat. Juga nomor kontak dan keterangan pendapatan tahunan atau bulanan orang tua/penanggung jawab. Setelah formulir dikembalikan maka segera muncul data anak-anak saya, yang telah dimasukkan oleh pihak sekolah. Asik juga kalau data sudah terintegrasi begini, gak terlalu rempong. 😀

Setelah menunggu antrian, kami dipanggil masuk. Kami dilayani seorang nurse (saya nggak tau pasti apakah selevel dokter atau perawat). Si mbak nurse sangat ramah dan mengajak kami ke ruang kerjanya. Hal yang pertama ditanyakan adalah apakah anak-anak sudah makan siang (saya datang sekitar jam 14:00). Ia menjelaskan pentingnya makan sebelum vaksinasi. Lalu ia mengambilkan biskuit dan jus untuk kedua anak saya.

Setelah itu ia melakukan wawancara kondisi anak-anak dengan saya. Juga menerangkan mengenai vaksin yang harus diberikan ataupun yang sangat dianjurkan. Persetujuan juga ditanyakan untuk setiap vaksin yang akan diberikan. Berapa jumlah vaksin yang akan diberikan? Anak saya yang besar umur 15 tahun mesti divaksin 8 macam dan yang kecil 12 tahun mesti divaksin 7 macam. Wooo… buanyak bangeeet… Setelah selesai wawancara saya diminta tandatangan persetujuan dan mengurus administrasi ke bagian pendaftaran.

Segera menuju ke bagian pendaftaran dan meyerahkan dokumen sambil bertanya dalam hati berapa rupiah, eh dollar yang harus dibayarkan. 15 vaksin bisa dihitung berapa…

Petugas mengecek dokumen yang saya bawa dan segera menyatakan selesai. Saya nggak ditagih biaya sama sekali..! Saya ketahui kemudian bahwa dengan pendapatan (beasiswa) yang saya peroleh maka nilainya masih dibawah batas yang diharuskan membayar… Alhamdulillah. 🙂

Setelah kembali masuk ruang, kami diminta segera ke ruang rawat. Di dalam ruang ini terdapat satu tempat tidur pasien dan satu meja kerja. Di dinding tertempel beragam gambar yang menyenangkan untuk anak-anak. Di atas tempat tidur juga tergantung mainan. Anak saya diminta tiduran kemudian menaikkan lutut, sedikit menyiku. Kemudian dimulailah penyuntikan. Si kakak di lengan kanan empat dan di lengan kiri empat. Si adik empat dan tiga. Banyak sekali karena memang vaksinasi yang diwajibkan disini berbeda (tidak semua sama) rentangnya dengan di tanah air. Setiap selesai menyuntik maka ditanyakan apakah terasa pusing dan lain-lain. Alhamdulillah semua aman, tidak ada terasa apa-apa.

Selesai semua kanan-kiri si “pasien” tidak boleh langsung turun tapi diyakinkan lagi kondisinya, apakah pusing atau yang lain. Setelah itu diberikan lagi minuman jus. Sembari dijelaskan jika efek suntikan adalah sebentar, hanya sejak disuntik sampai ke tempat parkir mobil… Tapi jika di rumah kemudian demam maka sebaiknya siapkan obat dengan nama anu yang bisa didapat dimana-mana.

Selesai. Kami segera meninggalkan tempat. Mampir ke supermarket cari obat, sebagai antisipasi jika demam. Alhamdulillah vaksin tidak menyebabkan apapun.

Copy dari medical record yang didapat hari itu kemudian saya serahkan ke pihak sekolah sebelum mereka masuk sekolah. Tanpa itu maka dipastikan anak tidak boleh masuk sekolah. Peraturan yang keras tetapi tetap mengakomodir kondisi ekonomi keluarga murid/orang tua.

Tabel daftar vaksin dan usia yang diharuskan bisa dilihat pada laman Department of Community Center. Berbeda dengan daftar vaksin di tanah air, memang.

Jadi bagi rekan-rekan yang akan membawa anak ke US jangan lupa bawa medical record anak.

*/ : )

