Tags

, , , , , , , ,

Bertemu dirantau dengan rekan-rekan dari Indonesia.

Bertemu dirantau dengan rekan-rekan dari Indonesia.

Awal September 2014, lab tempat saya berktivitas, GOES (Global Observatory for Ecosystem Services), kedatangan tamu dari jauuuh… Tim yang datang ada tiga orang yaitu Pak Fadjar Pambudhi (Center for Social Forestry, Universitas Mulamarman), Dina Riska (Dewan Daerah Perubahan Iklim, Kalimantan Timur), dan Delon Marthinus (TNC Indonesia).

Kedatangan rekan-rekan dari “balik dunia sebelah sono” ini adalah dalam rangka workshop mengenai pembuatan peta karbon untuk wilayah Kalimantan Timur. Ini adalah bagian dari kegiatan GCF (Governors’ Climate and Forest Task Force) dimana MSU terlibat didalamnya. Lebih jauh mengenai pekerjaan ini dapat dilihat dilaman: GCF Kaltim.

Banyak hal yang dilakukan pada workshop ini antara lain diskusi mengenai pengambilan data (yang telah dilakukan bersama dalam beberapa bulan terakhir), proses dan analisis data dengan berbagai metode, pengolahan citra satelit, dan pemetaan daring berbasis webgis.

Hari terakhir di East Lansing, mampir ke Haslett.

Hari terakhir di East Lansing, mampir ke Haslett.

Tim juga sempat menikmati beberapa tempat menarik di Michigan pada saat akhir minggu, dan tidak lupa setelah serius workshop pastinya ada “work-at-shop”-nya 😀

Hari terakhir tim menyempatkan juga mampir dan menikmati sajian masakan Indonesia di rumah, yang disajikan oleh Desi, ibunya anak-anak.

DSC_7814

Terimakasih untuk kunjungannya, walau singkat, sekitar sembilan hari, tetapi semoga membawa manfaat yang besar. Tidak hanya untuk skup pekerjaan yang sedang dilakukan tetapi juga untuk pengembangan kerjasama dimasa depan.

*/ : )

Advertisements