Tags

, , , ,

Massey-Harris 1946

Massey-Harris 1946

Salah satu kegiatan mingguan di pedesaan “kampung sini” adalah Farmers’ Market. Sesuai dengan namanya maka kegiatan ini memiliki kekhasan petani. Banyak ragam ditampilkan pada Farmers’ Market ini. Tidak hanya hasil pertanian yang berupa bahan olahan atau bahan jadi, tetapi juga barang-barang hasil kegiatan/kerajinan mereka sehari-hari. Juga ditampilkan kesenian tradisional khas mereka dalam tarian ataupun musik.

Makanan berupa kue-kue yang (bagi saya terasa) sangat manis bisa kita dapatkan. Sementara itu hasil kerajinan tangan disajikan pada stan khusus dalam satu atap sehingga pengunjung dapat melihat semua dengan ringkas. Karya “rumahan” (home made) ini antara lain: lukisan, hiasan dinding, rajutan, pemanfaatan barang bekas, pernik elektronik yang sudah dimodifikasi seperti lampu tidur dengan bentuk kupu-kupu.

Ada lagi yang ditampilkan yaitu sejarah pertanian di Michigan yang ditata apik dalam kompleks luas di Meridian Township Park and Recreation ini. Lokasi ini dibuat sedemikian rupa sehingga menghadirkan suasana “jaman baheula” (kata urang Sunda mah). Bangunan asli dihadirkan dan dipelihara sedemikian rupa sehingga pengunjung nyaman menikmatinya.

Bangunan yang ada misalnya adalah rumah petani dengan susunan isi yang lengkap, chapel (tempat peribadatan), dan gudang petani. Menurut keterangan yang ada bangunan-bangunan ini adalah asli yang dibuat sekian puluh tahun lalu dan dipindahkan ke area ini untuk keperluan wisata pertanian.

Ada juga peralatan pertanian, seperti traktor Massey-Harris yang dibuat tahun 1946. Bentuknya yang khas mengingatkan saya pada traktor-traktor di-film animasi The Cars. 😀

Barn, atau gudang pertanian, merupakan bangunan yang mempunyai usia lebih dari 140 tahun, dan hasil relokasi yang tetap dijaga dengan baik bangunan dan isinya. Beragam peralatan pertanian seperti alat bajak atau alat tanam, dan alat pascapanen (seperti pemipil jagung) ada di dalam barn ini.

Selain menghadirkan “masa lalu” ada juga hasil penelitian terkini seperti mengenai serangga-serangga yang diperlukan pertanian untuk membantu pembuahan. Ratusan jenis lebah telah teridentifikasi di wilayah Michigan. Lebah-lebah ini dipelajari kehidupannya untuk dimanfaatkan bagi pertanian.

Farmers’ Market ini diadakan empat musim dalam setahun, yaitu:

  • Spring Market: Sabtu, 8 am to 2 pm; selama bulan Mei dan Juni; berlokasi di Central Park Pavilion
  • Summer/Fall Market: Tiap Rabu dan Sabtu, 8 am to 2 pm; selama bulan Juli sd Oktober; berlokasi di Central Park Pavilion
  • Thanksgiving Market: Rabu sebelum perayaan Thanksgiving; jam 10 am to 2 pm; berlokasi di Central Park Pavilion
  • Winter Market: Sabtu pertama dan ketiga pada bulan Desember hingga April; 10 am to 2 pm; berlokasi di Meridian Mall (dalam gedung, karena musim dingin).

Keterangan terkini mengenai acara/kondisi Farmer’s Market dapat dilihat dilaman Meridian Farmers Market.

Suasana daerah pertanian selalu mengasyikkan. 🙂

Beberapa foto suasana Farmers’ Market dapat dilihat berikut ini:

Advertisements