Tags

, , , , , , , ,

US Capitol Christmas Tree 2014

US Capitol Christmas Tree 2014

Capitol Christmas Tree atau disebut juga The People’s Tree adalah tradisi yang dimulai pada tahun 1964. Saat itu juru bicara US House of Representative John W. Mc-Cormack menempatkan Christmas tree di halaman Capitol. Pohon ini hidup selama tiga tahun sebelum kalah karena angin dan kerusakan akar.

Pada tahun 1970 Capitol Architect meminta US Forest Service untuk menyediakan Christmas Tree. Sejak saat itu dipilihlah salah satu hutan negara untuk menyediakan Christmas Tree ini secara bergantian setiap tahun.

Tahun 2014  Christmas Tree disiapkan oleh Chippewa National Forest di Minnesota. Pohon ini mempunyai ketinggian 88 kaki (26,8 meter) dan berat sekitar 5,9 ton, yang tumbuh di Cass Lake Minnesota. Pemotongan pohon ini dilakukan pada tanggal 29 Oktober 2014 dan diangkut menggunakan truk trailer khusus yang mempunyai panjang total lebih dari 100 kaki (30,5 meter).

Pelibatan pengunjung dalam penanaman pohon.

Pelibatan pengunjung dalam penanaman pohon.

Dalam perjalanan dari Minnesota ke Washington DC, pohon ini mengunjungi banyak tempat terutama adalah sarana pendidikan alam seperti departemen Kehutanan pada Universitas-universitas di kota yang dilaluinya. Pada tanggal 14 November 2014 Christmas Tree mampir di Michigan State University.

Truk “oversize load” yang mengangkut Christmas Tree diparkir di halaman Auditorium MSU. Di sini publik dapat hadir dan menyaksikan pohon tersebut. Tidak hanya itu tetapi juga dapat mendapatkan pengajaran dari banyak stan mengenai dunia kehutanan.

Berpose di depan truk pengangkut Christmas Tree.

Berpose di depan truk pengangkut Christmas Tree.

Departemen Kehutanan MSU menjadi tuan rumah pada perhelatan ini. Anak-anak dan keluarga diajarkan mengenai menanam pohon. Juga ada penjelasan mengenai hama dan penyakit yang menyerang tumbuhan di hutan. Salah satu produk kehutanan di Michigan yang menjadi khas adalah Maple Syrup, juga dijajakan disini.

Tak ketinggalan hadirnya Smokey Bear, maskot dari US Forest Service yang selalu menyerukan mengenai pencegahan bahaya kebakaran hutan (baca: Smokey Bear Sang Penjaga Kebakaran Hutan).

Sayang sekali acara yang ada pada kondisi cuaca tidak bersahabat karena sudah memasuki musim dingin. Suhu minus tidaklah nyaman untuk berada di luar ruangan…

*/ : )

Sumber bacaan pelengkap:

Advertisements