Tags

, , ,

Suasana kunjungan via Skype.

Suasana kunjungan via Skype.

Diawali dari perbincangan singkat di Facebook dengan rekan lama, bang Dr. Edwarsyah, maka malam ini saya berkesempatan berkunjung ke Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh. Kunjungan yang berdurasi dua jam dilakukan melalui Skype.

Bang Edwar merupakan salah satu pengajar di Universitas Teuku Umar di Meulaboh, dan di Universitas Syiah Kuala di Banda Aceh. Dari perbincangan singkat di Facebook muncul ide untuk berbagi materi tentang keilmuan remote sensing dan GIS yang terkait dengan kajian Pesisir dan Kelautan.

Skype digunakan sebagai sarana dalam tatap muka jarak jauh kali ini. Lokasi rekan-rekan mahasiswa Unsyiah adalah di Gedung ICT/PUKSI Unsyiah. Mereka dari Fakultas Kelautan dan Perikanan dan juga dari Program Magister Pengelolaan Sumberdaya Pesisir Terpadu.

Materi yang saya paparkan adalah State of The Art Remote Sensing dan GIS untuk Pengelolaan Sumberdaya Pesisir.

Pada bagian akhir diadakan diskusi dengan penanya adalah Iman, Ratna, Heriansyah, Iqbal, dan Darmida. Pertanyaan-pertanyaan yang aktual dan asik untuk dibahas, seperti misalnya pemetaan potensi ikan terkait illegal fishing dan tentang remote sensing dalam hankam.

Pertemuan yang diawali jam 9 WIB (jam 9pm EST) ini berakhir sekitar pukul 11. Dua jam tak terasa untuk diskusi yang menarik.

Terimakasih untuk Pak Edwarsyah dan segenap rekan pengajar/pejabat di Unsyiah yang mengijinkan saya berkunjung ke Unsyiah. Terimakasih juga untuk rekan-rekan yang hadir. Lain waktu kita diskusi lagi ya…

Jangan lupa Tantangan saya… 😀 Saya tunggu email-nya ya…

*/ : )

