Tags

, , , ,

 

pi dan pi(e)

pi dan pi(e)

Pi adalah bilangan misteri dalam dunia matematika, ia merupakan hasil dari perbandingan antara lingkaran dan diameter. Dalam aksara Yunani dilambangkan sebagai “π” sejak pertengahan abad ke-18. Semua yang pernah belajar lingkaran pastilah mengenal bilangan ini.

Pi = 3,1415926

Tahun ini, 2015, Pi diperingati oleh banyak matematikawan (atau yang hobi dengan matematika) di Amerika. Banyak perguruan tinggi yang mengadakan acara khusus untuk memperingatinya. Mengapa..?

Bilangan Pi yang dalam desimal dikenal dengan 3,1415… tiap tahun diperingati pada bulan Maret (bulan ke-3, merepresentasikan angka 3) tanggal 14, sehingga jika ditulis dalam format tanggal menjadi 3/14 atau dianggap merepresentasi bilangan “3,14“.

Untuk tahun ini, 2015, Pi-day jika ditulis dalam format tanggal menjadi 3/14/15, yang dianggap menggambarkan bilangan pi 3,1415. Artinya, tahun 2015 menjadi peringatan unik bilangan pi dalam abad ini. Untuk mendapatkan kesamaan format lagi harus menunggu tahun 2115, pastinya.

Mengenai bilangan Pi, silakan baca di Wikipedia.

Karena penyebutannya sama dengan salah satu jenis kue pastry Pie, maka banyak perayaan bilangan pi dilakukan dengan mengasosiasikan dengan Pie. Seminggu sebelum tanggal 14 Maret banyak tempat mengadakan pesta Pie, bahkan banyak juga yang menyediakan kue Pie dengan gratis.

Saya dan pasukan di rumah meramaikannya dengan menikmati Pie Strawberry… Mau lihat pie-nya? silakan klik disini… 😀

Ternyata matematika ada hubungannya dengan kue ya… #maksa 😀

*/ : )

Advertisements