Tags

, , , , ,

Suasana danau yang sebagian permukaan masih membeku.

Suasana danau yang sebagian permukaan masih membeku.

Musim semi, secara resmi kalender, telah dimulai sejak 20 Maret lalu. Secara faktual, Michigan belum memasukinya. Hal ini terlihat dari suhu udara harian yang masih seputar nol dan danau/rawa masih membeku. Tetapi ada yang sudah berdatangan…

Burung-burung yang “menghilang” saat musim dingin lalu, kini sudah mulai hadir kembali. Hal ini menggembirakan karena kicau mereka sudah mulai memenuhi udara di pedesaan tempat saya tinggal, di Haslett, Michigan. 🙂

Birdwatching menjadi salah satu kegiatan menarik yang bisa dilakukan di seputar rumah, yang masih terbilang asri, atau cukup dari atas balkon belakang rumah juga bisa. Adanya danau di belakang rumah, dan juga banyaknya pepohonan, membuat mudah sekali melihat kehadiran burung-burung ini.

Pengertian birdwatching dapat dilihat berikut (dari Birdwatching.com)

Birding and birdwatching mean the same thing. The activity of observing wild birds. (Birds in cages or any form of captivity don’t count.)

Sebagai pencinta suasana alam yang asri, saya mencoba melakukan birdwatching. Kegiatan ini “hanyalah” melihat atau mengamati burung, tidak lebih dari itu. Tidak ada kajian kehidupan mahluk bersayap ini, atau hal lain yang lebih detil.

Bagaimana mengetahui jenis-jenis burung ini beserta namanya..?

Saya mengandalkan buku (e-book) mengenai burung-bueung yang ada di North America dengan mengunduh dari internet. Lalu menggunakan Android App yang mempunyai basisdata burung, yang mempunyai taut untuk mendengarkan contoh suaranya, gambar, dan keterangannya via Wikipedia.

Minggu pagi ini suhu udara rupanya drop lagi ke minus enam. Rencana untuk jalan ke sekeliling lingkungan dibatalkan. Saya mencoba dari balkon rumah mengamati sekitar. Selain dengan penglihatan langsung, senjata yang digunakan adalah binokular. Dengan binokular bisa terlihat lebih detil obyek burung yang diamati, kemudian dicocokkan dengan gambar pada buku dijital atau app.

Canadian goose.

Canadian goose di tepian danau.

Air danau saat ini sudah mulai mencair permukaannya. Walau masih sebagian besar terlapisi es tetapi di sana ramai terlihat berbagai jenis binatang/burung air seperti mallard (dikenal sebagai bebek liar). Mallard seperti biasa selalu berpasangan. Kemana-mana selalu berdua atau bersama anak-anaknya. Yang jantan kepalanya berwarna hijau, sedangkan betina seluruh tubuhnya berbulu blurik-blurik coklat.

Selain mallard tampak juga Canadian Goose yang berkelompok mencari makanan yang ada di dalam air danau, dekat tepiannya. Sebagian lagi berjalan-jalan di permukaan danau yang masih mengeras. Kepala mereka berwarna hitam sementara badannya abu muda.

Sesekali datang dan pergi Snow Goose, yaitu angsa putih yang badannya relatif besar. Binatang-binatang air ini mempunyai suara yang keras berkoak-koak pada saat terbang. Terbangnya selalu membuat formasi seperti huruf V. Berkelompok terbang dan datang lagi, mendarat di permukaan air atau permukaan es danau.

red-winged blackbird, northern cardinal, dan seagull.

red-winged blackbird, northern cardinal, dan seagull (gambar: wikipedia).

Burung jenis pipit sudah lebih dulu hadir pada dua-tiga minggu lalu. Mereka mempunyai tempat berkumpul di semak-semak (yang belum berdaun) sebelah dinding rumah dan sangat ramai. Seringkali mereka memakan makanan di balkon belakang yang memang kami sediakan untuk burung-burung yang mampir.

Burung pendatang baru yang terlihat pagi ini adalah red-winged blackbird. Burung berbulu hitam legam diseulurh tubuhnya dengan strip merah pada sayapnya. Suaranya sangat asik didengar. Setidaknya satu-dua terlihat di pohon belakang rumah. beberapa kali datang ke balkon memakan makanan yang ada.

Ada juga terlihat burung northern/red cardinal. Seluruh tubuhnya berwarna merah dan agak berjambul dan bagian muka berbulu hitam. Sayang sekali hanya terlihat datang lalu pergi nggak kembali lagi. Badannya yang relatif kecil menyusahkan untuk dipantau di pepohonan sekitar.

Menjelang siang tampak datang beberapa seagull yang berputar-putar diatas danau kemudian mendarat di tepian seberang. Sayangnya pandangan tertutup dengan daratan yang menjorok ke tengah danau.

Lumayanlah hasil hari ini, beberapa burung tercatat sebagai pendatang baru yang menandakan musim semi sudah dimulai di Michigan. 😀

Sumber bacaan:

  • Laman situs Birdwaching.com
  • Laman situs Wikipedia untuk beberapa jenis burung seperti disebutkan diatas
  • Aplikasi android mengenai North American Bird Sound
  • e-book Field Guide to Bird of North America oleh Kenn Kaufman
  • e-book Peterson Field Guide to Birth of North America oleh Peterson

*/ : )

Advertisements