Tags

, , , ,

Sumber: sciencedaily.com

Sumber: sciencedaily.com

Tornado, atau dikenal juga dengan sebutan twister, adalah salah satu bencana meteorologi di dunia. Wilayah Amerika merupakan daerah yang paling sering dihantam oleh tornado. Julat yang mencengangkan adalah tornado terjadi 1.100 sampai dengan 1.500 kali tiap tahun, terutama di wilayah heartland.

Heartland adalah sebutan bagi dataran diantara dua pegunungan di Amerika, yaitu pegunungan Appalachian di sebelah Timur dan pegunungan Rocky di sebelah Barat. Terbanyak kemunculan twister ini adalah dari bulan April hingga Juni.

Tingkat kekuatan (intensitas) tornado dikenal dalam satuan EF (Enhanced Fujita) yang mengukur akibat dari kerusakan pada bangunan dan tanaman. Satuannya adalah EF0 yang terendah hingga EF5 yang tertinggi.

Peta korban jiwa akibat tornado.

Peta korban jiwa akibat tornado.

Tornado juga sudah difilmkan sejak lama dimana salah satunya yang terkenal adalah Wizard of Oz (1939). Sedangkan film Twister (1996) merupakan film tornado populer yang sangat diminati hingga kini.

Michigan termasuk dalam daerah terjadinya tornado walaupun frekuensinya kecil. Untuk kewaspadaan bencana maka ditiap gedung disediakan tatacara penyelamatan diri jika terjadi tornado. Dan setiap hari Sabtu minggu pertama, jam satu siang, semua sirene bahaya tornado dibunyikan untuk pengingat bagi semua masyarakat di Michigan.

Sebagai gambaran yang terjadi saat dan setelah twister dapat kita lihat pada video berikut ini:

.

Tornado dalam angka dapat dilihat pada infografik berikut ini:

Tornado dalam angka dan grafik oleh OurAmazingPlanet.com

Tornado dalam angka dan grafik oleh OurAmazingPlanet.com

Sumber:

  • Kuliah dalam rekaman video oleh Tim Samaras di MSU, yang direkam pada 13 April 2013, ia seorang peneliti tornado. Beberapa bulan kemudian ia meninggal bersama anaknya dalam kecelakaan terakibat tornado.
  • Berbagai sumber.
Advertisements