Tags

, , , , ,

Masjid Islamic enter of East Lansing, April 2015.

Masjid Islamic enter of East Lansing, April 2015.

Masjid Islamic Center di East Lansing, saat ini, adalah satu-satunya masjid di wilayah Greater Lansing, yang meliputi beberapa county. Sebelum adanya masjid ini, kegiatan keislaman diadakan/diusahakan oleh Muslim Student Association (MSA) Michigan State University. Sholat Jumat diadakan di salah satu ruang gedung International Center, yaitu di ruang kelas di lantai lima East Owen Hall.

Pada tahun 70an, jumlah mahasiswa muslim mulai bertambah. Jumlah yang mengikuti sholat Jumat dari 20an orang pada tahun 1974 meningkat menjadi 180an di tahun 1979. Komunitas muslim kemudian mengusahakan untuk membuat masjid untuk mengakomodir semua aktivitas muslim, tidak hanya saat sholat Jumat.

Penggalangan dana dilakukan pada komunitas muslim di Amerika dan Kanada, dan beberapa di luar negeri. Setelah melewati masa dan usaha yang cukup berat dalam tiga tahun terkumpulah dana satu juta dolar.

Masa pembangunan masjid tahun 1976.

Masa pembangunan masjid tahun 1976.

Lokasi yang dipilih adalah di 920 South Harrison Road, bersebelahan dengan kampus MSU. Seorang arsitek muslim dari Chicago mendisain bangunan Islamic Center ini. Segalanya disesuaikan dengan keterbatasan dana yang ada. Disain akhir adalah adanya ruang sholat, ruang serba guna, perpustakaan, kantor, dapur, kamar mandi, dan ruang manajer/imam masjid. Pembangunan dimulai pada Oktober 1978.

Masa pembangunan masjid, dan penataan awal.

Masa pembangunan masjid, dan penataan awal.

Alhamdulillah, Islamic Center mulai digunakan resmi pada 16 Oktober 1979. Biaya pembangunan, termasuk pembelian lahan, sekitar $750,000. Sejumlah dana digunakan juga untuk membeli dan memperbaiki sebuah rumah, yang dinamai The Muslim House (908 South Harrison), yang digunakan untuk kegiatan sosial dan untuk menampung sementara mahasiswa muslim yang datang. Juga diadakan (dibelikan) sebidang tanah kuburan muslim di lokasi area kuburan umum di Lansing dengan biaya $14,000.

Saat ini

Kegiatan di masjid selalu padat hampir tujuh hari dalam seminggu. Kajian-kajian keagaamaan Islam dilakukan malam hari, dan diadakan sekolah pada Sabtu dan Minggu untuk yang berminat mempelajari bahasa Arab dan membaca Al-Quran. Hari Minggu biasanya untuk anak-anak remaja diadakan pelajaran khusus keagamaan.

Kegiatan sholat Jumat diadakan dua shift, yaitu shift pertama jam 12:30 sd 13:00, sedangkan shift kedua pada 13:30 sd 14:00. Hal ini karena dua hal utama, yaitu pertama karena kapasitas masjid yang sudah tidak memungkinkan jika diadakan sholat dalam satu shift. Kedua, yaitu untuk mengakomodir kesempatan umat muslim dalam mengatur waktu dari kegiatannya di kantor ataupun di kampus yang tentunya jadwal di tempat kerja/kuliah tidak memperhatikan waktu sholat.

Bagaimana jika untuk sholat Idul Fitri dan Idul Adha yang dihadiri oleh empat sampai lima kali lipat saat Jumat? Biasanya pengurus masjid menyewa ruang di suatu gedung pertemuan atau hotel agar dapat menampung jamaah. (Baca: Berpuasa dan lebaran di “Kampung Sini”).

Masjid ini bertetangga dengan gereja University of Lutheran Church. Tiap hari Jumat, dengan melimpahnya mobil pengunjung masjid, maka pihak gereja membolehkan mobil-mobil jemaah untuk parkir di halaman parkir gereja. Demikian juga sebaliknya, saat kegiatan Minggu, sebagian pengunjung gereja memakirkan mobilnya di halaman parkir masjid.

Lokasi masjid di Google Maps:

M: Masjid Islamic Center of East Lansing

*/ : )


Sumber:

Advertisements