Tags

,

Gempa Bumi di Michigan

Gempa Bumi di Michigan

Salah satu topik panas hari ini adalah gempa bumi. Saat semua berita menyoroti peristiwa gempa bumi di Nepal, adalah mengejutkan saat mengalami gempa di lokasi yang hampir tidak pernah ada gempa yang terasa. Michigan gempa..?

Begitulah, jam 12:23 EST tanggal 2 Mei 2015, saat sedang khusyuk di kantor, tetiba meja bergoyang dan gedung berbunyi kretek-kretek. Saat itu saya cuma berdua dengan seorang rekan asal Vietnam, Uy Pham. Sabtu adalah hari libur kantor, jadi hanya yang iseng saja yang berada di kantor. 🙂

Kami merasa goyangan beberapa saat kemudian lari keluar gedung. Beberapa detik sebelumnya, kami sempat saling lihat dan menyepakati dulu bahwa: ini adalah gempa. Dan… sesampai di luar gedung, tak ada orang lain yang melakukan hal serupa. Hanya kami berdua yang keluar gedung karena merasakan gempa.

Dari berita di internet beberapa menit kemudian, diketahui bahwa kekuatan gempa adalah 4,2 Magnitude dan tidak menimbulkan kerusakan.

Berita gempa di laman USGS.

Berita gempa dilaman situs USGS.

Gempa bumi di Michigan sangat jarang terjadi. Terakhir, dengan kekuatan 4,6 Magnitude, terjadi pada 9 Agustus tahun 1947. Jadi, banyak penduduk Michigan yang baru pertama kali merasakan gempa bumi dalam hidupnya. Tentunya kemungkinan banyak terjadi juga diantara tahun tersebut, tapi sangat kecil dan tidak menjadi berita karena tidak dirasakan oleh manusia.

Peringatan Bahaya dan SOP

Di kampus Michigan State University terpasang di hampir semua kelas mengenai prosedur baku jika mengalami sesuatu bencana. Apa saja yang dituliskan?

Standar Baku Pelaksanaan kondisi darurat.

Standar Baku Pelaksanaan kondisi darurat.

Yang dicantumkan pada lembaran SOP ini antara lain adalah:

  • Kondisi bahaya penembakan, mungkin karena hampir tiap minggu selalu ada peristiwa penembakan di daerah kota Lansing dan sekitarnya.
  • Kejahatan dengan kekerasan.
  • Kejadian Kebakaran dan Tornado.
  • Kebocoran material kimia dan gas.

Jadi, untuk bencana alam hanya disebutkan bencana Tornado. Mengenai tornado sila baca di: Mengenal Tornado yang Melanda Amerika.

Bencana gempa bumi belum masuk dalam daftar SOP.

Pengalaman Mengajarkan

Kembali ke kejadian tadi, saya dan Uy berpengalaman dalam menghadapi gempa. Saya telah mengalami beberapa kali, sebut saja di Lampung, Jakarta (di gedung tinggi), Bogor, dan Banda Aceh. Sehingga SOP sudah menjadikan refleks dalam bergerak. Uy juga demikian, ia pernah tinggal di Hiroshima, Jepang, dan berpengalaman pada peristiwa gempa yang cukup besar.

Walau mungkin saat kami lari keluar gedung akan ditertawakan oleh yang melihat (jika ada) maka itulah (salah satu) SOP yang seharusnya dilakukan saat terjadi gempa.

Lalu, apa yang menyebabkan gempa bumi di Michigan ini? Tidak ada aktivitas volkano, sehingga dugaan saya adalah adanya patahan. Patahan lapisan tanah yang entah apa penyebabnya, apakah akibat alami atau dari aktivitas manusia, entahlah.

Dalam salah satu tweet ditampilkan:

Bahkan ada juga yang bercanda:

Seorang rekan di Facebook yang tinggal di Jepang bergurau: makanya kalau ke Amerika jangan bawa-bawa cincin api (ring of fire, adalah sebutan untuk wilayah kegempaan di Asia Pasifik akibat pergeseran/tumbukan lempeng bumi). 😀

*/ : )

Advertisements