Tags

, , , , ,

Yellowstone, suatu Taman Nasional sangat terkenal di Amerika. Yellowstone National Park adalah taman nasional pertama di Amerika yang ditetapkan pada tahun 1872. Pegunungan yang merupakan alam liar tempat beruang Grizzly, serigala, kawanan Bison dan banyak lagi bertempat tinggal.

Keindahan alam di YNP sudah menjadi ikon dunia. Berlokasi (sebagian besar) di negara bagian Wyoming, daerah Utara Amerika Serikat, YNP merupakan salah satu tujuan wisata alam yang utama.

Apakah Anda tahu bahwa Yellowstone National Park sebenarnya merupakan sebuah supervolcano aktif? Saat pengunjung berjalan di sekitar taman mungkin akan berpikir: “Saya tidak melihat gunung berapi..?!” Hal terjadi karena hampir seluruh taman ini adalah gunung berapi – banyaknya geyser menggelegak dan sumber air panas merupakan indikasi aktivitas (magma) yang bergerak sekian Km di bawah permukaan.

Akibat dari aktivitas magma ini maka permukaan tanah di Yellowstone mengalami naik-turun yang teramati oleh sensor-sensor khusus yang ditanam di seluruh area tersebut. Akhir-akhir ini kenaikan permukaan sekitar 3 inchi per tahun.

Ledakan dahsyat Yellowstone terjadi sekitar 174 ribu tahun lalu, yang menghasilkan danau West Thumb. Sedangkan lava yang keluar sekitar 70 ribu tahun lalu. Gunung api ini masih aktif dan menjadi kajian para ahli kebumian dari seluruh dunia. Akankah ia meletus lagi? Kemungkinan itu sangat besar, tetapi para ahli dengan teknologi tercanggih saat ini belum bisa memprediksi kapan ia akan meletus.

Di Indonesia juga dikenal letusan supervolcano yang terjadi di Sumatera Utara, yang menghasilkan danau Toba. Di Nusa Tenggara juga ada supervolcano pada Tambora. Beberapa wilayah lain, seperti Bali, juga mempunyai kaldera-kaldera purba yang sangat luas, menandakan pernah adanya aktivitas supervolcano sekian ribu tahun lalu.

Kembali ke Yellowstone National Park, seberapa hebat akibat yang bisa ditimbulkan jika terjadi ledakan supervolcano Yellowstone?

Sebagai gambaran, luas kaldera Yellowstone saat ini adalah sekitar 3.960 km2, hampir sama dengan luas Pulau Nias (4.064 km2) dan lebih luas dari Danau Toba.

Prediksi dari berbagai kelompok peneliti kebumian dan lingkungan antara lain adalah jika terjadi ledakan maka dapat menghilangkan nyawa jutaan manusia. Tidak hanya manusia tetapi juga semua mahluk hidup yang ada di benua Amerika bagian Utara.

Dua pertiga kehidupan di Amerika akan musnah. Ini diakibatkan tidak hanya secara langsung oleh material ledakannya di lokasi seperti batu-batuan, tetapi juga oleh abu vulkanik dan udara beracun yang terakibat dari letusan tersebut.

Ledakan supervolcano Yellowstone mempunyai kekuatan jutaan kali lipat dibandingkan dengan bom atom yang dijatuhkan di Heroshima dan Nagasaki tahun 1945.

Banyak film dibuat berdasarkan studi kebumian dan prediksi letusan supervolcano ini. Salah satu yang cukup bagus dapat dilihat pada kanal Youtube dibawah ini. Pembuat film menyatakan bahwa: Ini adalah kisah nyata, yang belum terjadi.

Silakan dinikmati… 🙂

Supervolcano

.

Yellowstone Supervolcano (Smithsonian Channel)

.

Lokasi Yellowstone National Park pada peta Google:

.

Sumber bacaan:

Advertisements