Tags

, , ,

Summer Solstice 21 Juni 2015

Summer Solstice 21 Juni 2015

Pergerakan tahunan matahari mempunyai empat tanggal khusus pada sistem penanggalan internasional. Hal ini, yang terjadi karena posisi revolusi bumi yang membentuk sudut terhadap bidang orbit, selalu ditandai dengan peringatan seperti penandaan perubahan musim untuk daerah lintang tinggi baik di belahan Selatan ataupun Utara.

Pada tanggal 21 Juni 2015 lalu adalah summer solstice bagi belahan bumi Utara, dan sebaliknya adalah winter solstice bagi belahan bumi Selatan, pada jam 16:38. Tanggal dan jam ini tidaklah tetap, karena ada pergeseran penanggalan tiap tahunnya.

Jadi summer solstice terjadi antara 20 – 22 Juni. Sedangkan posisi sebaliknya, yaitu winter solstice (Utara) dan summer solstice (Selatan) terjadi antara tanggal 20 dan 23 Desember. Sedangkan saat matahari berada ditengah-tengah perjalanannya, yaitu saat berada pada khatulistiwa, maka dinamakan equinox. Hal ini terjadi disekitar tanggal 20 Maret dan 22 September.

Saya mencoba mengukur posisi matahari relatif terhadap rumah saya saat ini pada saat senja (sunset), sekitar jam 9 malam tanggal 21 Juni lalu. Hasilnya adalah posisi matahari pada 298 derajat azimut, atau relatif pada arah Barat Laut. Tentunya ini adalah posisi terjauh dalam perjalanannya ke Utara dan akan bergeser kembali ke Barat.

Twilight on summer solstice, June 21, 2015. #quartersession #summersolstice #sunsetmoment

A post shared by hartanto (@hartantosanjaya) on

.

*/ : )

Advertisements