Tags

, , , , , ,

Perayaan Kemerdekaan RI di Michigan.

Perayaan Kemerdekaan RI di Michigan.

Hari Kemerdekaan RI ke-70 diperingati oleh masyarakat Indonesia di Michigan. Kali ini bertempat di Plymouth Park, 46640 West Ann Arbor Trail, Plymouth, Michigan. Sebuah taman kota yang luas terletak antara kota Ann Arbor dan Detroit. Acara dihadiri oleh lebih dari 200 orang, dari sekitar 1100-an orang Indonesia yang tercatat tinggal di Michigan.

Konsulat Jenderal RI di Chicago, yang mempunyai wilayah tugas di 13 negara bagian (Illinois, Indiana, Iowa, Kansas, Kentucky, Michigan, Minnesota, Missouri, Nebraska, North Dakota, Ohio, South Dakota, dan Wisconsin) hadir dengan dipimpin Bapak Kepala Perwakilan RI Andriana Supandy dan dua stafnya. KJRI membuka layanan konsuler di lokasi perayaan ini, yang sangat membantu masyarakat Indonesia di Michigan tentunya.

Acara Potong Tumpeng.

Acara Potong Tumpeng.

Acara pembuka diisi dengan ucapan selamat datang, lalu sambutan dari Kepala Perwakilan RI di KJRI Chicago, menyanyikan lagu Indonesia Raya. Semua hadirin berdiri dengan khidmat saat bersama menyanyikan lagu kebangsaan ini. Tidak ada pengibaran bendera merah-putih karena acara tidak dalam format upacara.

Selesai menyanyikan lagu kebangsaan, dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng dan doa bersama. Lalu… lanjut antri makan siang.

Ramainya ramainya ramainya...

Ramainya ramainya ramainya…

Acara ini tidak hanya dihadiri oleh “orang Indonesia” tetapi juga mengundang rekan dan sahabat dari negara asing untuk ikut serta merayakannya. Mereka datang dengan menyesuaikan diri dalam berpakaian, yaitu dominasi warna merah atau putih, dan ada juga yang datang dengan berpakaian batik.

Para tamu dari mancanegara ini juga dikenalkan pada aneka ragam masakan Indonesia dengan rasa yang “multineka” (lebih dari aneka, maksudnya 😀 ).

Silakan lihat video time-lapse dibawah ini bagaimana semangatnya hadirin dalam antri dan mengambil makanan. 🙂

Makanan sebagian adalah hasil dari bawaan hadirin. Rasanya boleh tanding, sangat Indonesia sekaleee.. 😀

Tidak mengherankan saat antrian habis maka makanan pun ludes ternikmati semua.

Makanan Indonesia yang selalu membuat kangen...

Makanan Indonesia yang selalu membuat kangen…

Ada banyak acara lain yang ditampilkan di dalam gedung pertemuan ini. Ada pembacaan Pancasila oleh adik-adik yang lahir di sini, sehingga kemampuan mereka menghapal dan mengucapkan dalam Bahasa Indonesia patut diacungi jempol. Mengapa? Karena sejak lahir mereka mengenal bahasa Inggris, sedangkan bahasa Indonesia sedikit sekali bisanya 😉

Saya kebagian memresentasikan tentang hewan langka di Indonesia. Saya mengenalkan Badak Indonesia pada “orang Indonesia” :D.

Ada juga acara fashion show anak-anak, dan juga beberapa tarian daerah.

Acara-acara dalam gedung.

Acara-acara dalam gedung.

Perlombaan luar ruang khas tujuhbelasan tidak tertinggal. Ada lomba lari karung, bakiak, dan tarik tambang. Kemenangan tidak penting karena yang lebih penting adalah kemeriahan dan tertawa puas karena lucu-lucu 😀

Acara-acara pertandingan di luar gedung.

Acara-acara pertandingan di luar gedung.

Foto-foto bersama dibuat spesial, panitia menyediakan backdrop khusus untuk foto grup atau keluarga. Lumayan ‘kan untuk kenang-kenangan semua. Sedangkan foto bersama seluruh peserta diadakan di lapangan terbuka. Serunya puol..! 😀

Saatnya Fotber..!

Saatnya Fotber..!

Semua ini terlaksana berkat semua yang hadir dan… semua mau bekerja bersama. Tidak hanya para ahli-sibuk saja, tetapi juga para undangan yang dengan ringan tangan membantu segala hal yang diperlukan saat acara berlangsung.

Para tukang sibuk yang kompak.

Para tukang sibuk yang kompak.

Kebersamaan itu asik tanpa harus berisik… 😉

Ohya, mau tahu kehebohan perayaan di Indonesia dan tempat lain..? Silakan lihat di Peta Cerita.

*/ : )

Beberapa foto adalah karya mas Amor Teguh dan Ivan. Terimakasih atas foto-fotonya 🙂

Advertisements