Tags

, , ,

Red Cardinal (jantan) sedang di teras belakang rumah.

Red Cardinal (jantan) sedang di teras belakang rumah.

National Bird Day di Amerika diperingati setiap tanggal 5 Januari. Dari Wikipedia didapat keterangan bahwa Hari Burung Nasional ini adalah hari libur tahunan dengan setengah juta pengikut yang merayakan melalui kegiatan birdwatching, mempelajari burung, dan banyak hal lain yang terkait dengan burung.

Adopsi burung adalah salah satu yang dilakukan. Hal ini dilakukan dengan mendidik pemilik burung tentang isu-isu khusus yang terkait dengan bagaimana merawat burung dan bagaimana berkomunikasi dengan mereka dalam keseharian.

Beruntung sekali, di sekitar rumah banyak bermacam burung. Mereka hadir bergantian sepanjang tahun. Saat memasuki musim dingin seperti sekarang ini, beberapa burung yang hadir antara lain: Red Cardinal (atau Northern Cardinal). Warnanya merah menyala, dengan jambul dikepalanya. Red Cardinal jantan berwarna merah sedangkan yang betina berwarna merah muda. Burung ini adalah salah satu burung yang serupa dengan tokoh dalam permainan Angry Birds :D.

Red Cardinal (betina) di pohon belakang rumah.

Red Cardinal (betina) di pohon belakang rumah.

Ada juga Red-bellied woodpecker (Melanerpes carolinus), termasuk grup burung pelatuk. Bulunya warna hitam putih blirik, dengan warna merah dikepalanya, seolah memakai kerudung :D. Jarang terlihat, baru kali ini beberapa hari terlihat mampir di belakang rumah.

1397198_10155017763477837_4295157344705679122_o

Red-bellied woodpecker (Melanerpes carolinus).

Banyak juga jenis burung gereja yang selalu hadir pagi hingga sore. Selain itu juga banyak yang lain, seperti gagak, dan Seagull.

Memerhatikan kehidupan mereka itu mengasyikkan, walau suhu udara semakin menghujam ke minus belasan Celsius, dan danau belakang rumah sudah mulai membeku permukaannya, mereka tetap berseliweran dengan asiknya.

Ada juga Blue Jay (cyanocita cristata)

Selamat Hari Burung…!

🙂

Advertisements