Tags

, ,

Foto setelah acara selesai.

Foto setelah acara selesai.

Menghargai pencapaian dalam suatu proses pendidikan itu penting. Apalagi jika melibatkan orang tua murid secara aktif. Penghargaan untuk si anak pun menjadi terasakan juga oleh para orang tua.

Akhir bulan Maret 2016, saya dan istri disurati oleh sekolah HHS (Haslett High School), dimana krucil sekolah, untuk menghadiri acara yang dinamakan Honors Night, atau malam penghargaan. Penghargaan apa? Ini adalah penghargaan untuk anak-anak murid HHS yang mendapat nilai indeks (GPA) lebih dari 3,5 (sekala 4), dan mampu mempertahankannya dalam tahun terakhir.

Acara diadakan di ruang pertunjukan sekolah yang menyerupai ruang bioskop dengan kursi berjajar rapi dan berundak teratur. Panggung dibagian depan tertata sederhana dimana hanya ada satu podium, satu meja untuk souvenir, dan latar belakang adalah undakan empat untuk tempat berdiri anak-anak saat maju kedepan.

SMA di Amerika sini jumlah tingkatnya ada empat, yaitu kelas sembilan sampai dengan kelas 12. Masing-masing tingkat (grade) mempunyai guru koordinatornya, dan bertanggung jawab mengatur mereka.

Qila maju ke panggung.

Qila maju ke panggung.

Kepala sekolah membuka acara secara langsung tepat pada jam 7 malam, dengan beberapa kalimat singkat, dan kemudian mempersilakan paduan suara maju untuk menyanyikan satu lagu pujian. Selesai, kemudian pak Kepsek ini memanggil satu orang pembicara tamu yang merupakan lulusan dari SMA di Greater Lansing juga dan telah sukses sebagai “pengusaha besar” di Amerika. Pembicara tamu ini sangat interaktif dalam membawakan materinya. Ia menceritakan perjuangannya saat menjadi siswa SMA dan hingga kini menjadi pengusaha sukses.

Kelas sembilan yang menerima penghargaan.

Kelas sembilan (freshman) yang menerima penghargaan.

Salah satu pesan yang cukup mendalam adalah agar para murid SMA yang berprestasi ini dapat selalu mengambil hal positif dari semua yang didapat. Jika ada kegagalan maka tetap mengucapkan: good! Karena ia yakin bahwa ada kesempatan kedua yang dapat dicapai dengan bekerja/belajar lebih keras. Dalam bahasa saya: apapun yang terjadi harus selalu bersyukur dan optimis untuk langkah selanjutnya. 😀

Selesai materi oleh pembicara tamu ini, acara dilanjutkan dengan pemberian souvenir oleh Kepala Sekolah pada murid-murid berprestasi yang diundang malam ini bersama keluarganya (tidak hanya ortu saja, tetapi keluarga juga diundang). Pemanggilan siswa dimulai dari grade sembilan sesuai abjad dan dipimpin oleh guru koordinator grade tersebut. Siswa maju kedepan kemudian menerima souvenir khusus dari Kepsek, lalu berjalan dan berhenti untuk berbaris rapi di undakan pada panggung bagian belakang. Setelah semua dipanggil maka hadirin dipersilakan bertepuk tangan dan memfoto dari tempat duduk masing-masing, tanpa gaduh.

Alta maju ke panggung.

Alta maju ke panggung.

Tahun lalu Alta mengikuti acara serupa ini, sedangkan Qila belum karena masih di SMP. Tahun ini keduanya diundang dan tampil dipanggung bersama rekan-rekannya seangkatan. Alhamdulillah.

HHS mengadakan acara ini setiap tahun dengan tujuan memberi penghargaan pada siswa dan keluarganya agar tetap semangat dalam belajar dan menggapai hal yang terbaik, terbaik tidak hanya bagi dirinya sendiri, tetapi juga bagi orang lain.

Kelas 12 (Senior) yang menerima penghargaan.

Kelas 12 (Senior) yang menerima penghargaan.

Kita memang harus berprestasi pada bidang masing-masing. Dengan demikian nantinya kita dapat bercerita pada anak-cucu (atau pihak lain) dengan mencontohkan diri sendiri, bukan meminjam contoh dari orang lain.

Untuk berbuat yang terbaik itu nggak susah kok, asal mau berusaha maka diri kita akan menjadi istimewa dengan sendirinya.

Para siswa yang menerima penghargaan berbalik ke para ortu untuk berterimakasih.

Para siswa yang menerima penghargaan berbalik ke para ortu untuk mengucapkan terimakasih.

Terimakasih untuk HHS atas bimbingan pada anak-anak kami, dan terimakasih juga untuk Alta dan Qila yang membawa kami ke acara Honors Night hari itu.

🙂

Advertisements