Tags

, , , , ,

"Sell-by" dan "Best-by".

“Sell-by” dan “Best-by”.

Pada kemasan makanan di Indonesia selalu kita dapati adanya tulisan “Expired by”, yang menandakan batas waktu dari makanan tersebut untuk dapat dimanfaatkan secara normal. Di Amerika lebih dikenal beberapa tanggal antara lain “Sell-By” dan “Used-By“. Apakah yang dimaksud dengan sell-by dan used-by tersebut?

Karena terbiasa dengan kata expired pada kemasan, maka saya mengasumsikan bahwa sell-by dan used-by adalah sama artinya dengan expired, karena semuanya menampilkan tanggal. Ternyata ada perbedaan arti dari masing-masing hal tersebut.

Ada beberapa penandaan tanggal yang diatur oleh USDA (United States Department of Agriculture) pada kemasan makanan, yaitu:

  • Sell-By“, tanggal yang tertera setelah kata ini berarti batas akhir dibolehkannya toko menyajikan dan menjual di etalasenya. Dari sisi pembeli harus membeli sebelum tanggal tersebut terlewati.
    Bagaimana dengan makanan tersebut setelah dibeli tepat pada tanggal yang tertera? USDA mempunyai tabel secara umum mengenai apa yang sebaiknya dilakukan pada makanan tersebut. Sebagai contoh: produk poultry mentah (misal: daging unggas) dapat bertahan 1 sampai 2 hari dalam penyimpanan (kulkas) dengan suhu yang disarankan (biasanya 40F atau 4,4C). Lebih lengkapnya sila lihat tabel dibawah.
  • Use-By“, tanggal yang tertera adalah tanggal terakhir yang disarankan pada pengguna dengan kondisi terbaik pada makanan tersebut. Tanggal ini ditentukan oleh si pembuat produk. Sekalipun makanan yang kita beli ternyata tanggal yang tertera sudah terlewati, selama makanan disimpan dengan benar sesuai anjuran (yang biasanya dijelaskan pada kemasan) maka makanan tersebut masih aman dikonsumsi, walaupun dengan kualitas yang menurun. Tetapi jika ternyata ada perubahan bau atau rasa yang mencolok maka sebaiknya makanan tersebut dihindari untuk dikonsumsi.

Tabel dari USDA untuk produk segar dan belum dimasak dan disimpan pada (atau dibawah) suhu 4,4 C adalah sebagai berikut:

Tabel dari USDA (update:)

Tabel dari USDA (update: 24 Maret 2015)

Sedangkan tabel USDA untuk produk olahan dan terkemas, disimpan pada pendingin dengan suhu 4,4C atau lebih dingin adalah sebagai berikut:

Tabel USDA makanan olahan (update: 24 Maret 2015).

Tabel USDA makanan olahan (update: 24 Maret 2015).

Selain kedua hal diatas, pada kemasan makanan sering terdapat juga:

  • Best if Used By (or Before)“, tanggal yang tertera menandakan kondisi terbaik makanan tersebut terkait dengan rasa dan kualitasnya. Tanggal ini tidak menerangkan mengenai pembelian atau keamanan produk.
  • Closed or coded dates“, ini adalah tanggal pengemasan oleh produsen.

Teliti sebelum membeli makanan memang penting, karena seketat-ketatnya supermarket dalam menjaga kualitas jualannya terkadang ada saja yang luput.

Ada baiknya mengecek lagi sumber tabel diatas terkait dengan informasi terkini. Tautnya ada dibawah ini.

Selamat berbelanja. 🙂


Bahan: situs web Food Safety and Inspection Service, USDA.

Advertisements