Tags

, ,

Para penerima "Student of the Month" untuk April 2016.

Para penerima “Student of the Month” untuk April 2016.

Rabu ini menjadi salah satu hari istimewa bagi kami. Jam 7:15 kami sudah berada di ruang “Haslett High School Media Center” menghadiri selebrasi student of the month untuk bulan April 2016. Aquila menjadi peserta yang mendapatkan hal ini.

Acara digelar dengan sangat sederhana. Semua anak yang mendapat promosi student of the month hadir bersama keluarganya. Di ruang ini disediakan sarapan dengan makanan kontinental, dan dihadiri juga oleh para guru dan staf Haslett High School.

Apa yang dimaksud dengan penerima student of the month ini?

Student of the Month recipients have been nominated by Haslett High School staff for this recognition. These students were chosen based on a variety of criteria: academic achievement, overcoming obstacles, volunteer efforts or making a significant contribution to the social or academic community at HHS.

Untuk bulan April ini ada 19 orang yang terpilih dari berbagai grade (ada empat grade di SMA sini), sesuai dengan promosi dari guru/staf HHS. Seorang anak bisa mendapatkan lebih dari sekali tetapi tidak dalam setahun. Mereka ini terpilih dari 860an siswa di Haslett High School.

Penerima dipanggil kedepan dan dijelaskan oleh promotornya.

Qila dipanggil ke depan dan dijelaskan oleh promotornya, Ms Nicholson.

Kembali keacara, Pak Kepala Sekolah membuka dan membawa acara dari awal hingga akhir. Setelah mengucapkan satu dua sambutan pada orang tua kemudian dilanjutkan dengan memanggil siswa yang dimaksud ke podiun bersama dengan guru/staf yang mempromosikannya. Sang guru menjelaskan mengapa ia mempromosikan anak tersebut.

Setelah semua anak maju, maka diadakan foto bersama, kemudian selesai. Anak-anak dan para guru segera kembali ke kelas masing-masing. Orang tua kembali ke rumah atau tempat kerja. Sangat simpel acaranya.

Menurut saya, yang tidak simpel adalah dampaknya. Tiap anak tidak pernah tahu kapan ia bisa dinominasikan mendapatkan hal ini. Para guru pun bergantian mencalonkan siswa dengan berbagai kriteria yang berbeda. Seorang anak yang selalu mendapat nilai 4.0 (misalnya) tidak menjamin mendapatkan student of the month karena penilaian seperti saya tulis sebelumnya, bahwa penilaian bisa dari banyak sisi. Dampaknya yang dahsyat adalah dari sisi anak dan dari sisi orang tua.

Foto bersama Kepala Sekolah HHS, Mr. Wegenke.

Foto bersama Kepala Sekolah HHS, Mr. Wegenke.

Dari sisi anak, tentunya kebanggaan tersendiri karena mereka terpilih dari sekian ratus anak yang ada. Dan karena alasan promosi tidak hanya dari satu sisi maka anak yang berprestasi di olahraga, paduan suara, atau kegiatan lain atau bahkan hanya dari sisi peningkatan kemajuan kelas, bisa mendapatkan promosi ini. Sehingga semua usaha anak akan terasa dihargai oleh pihak sekolah atau guru mereka, tidak hanya “anak yang pintar” saja yang dihargai.

Dari sisi orang tua, tentunya serupa, yaitu kebanggaan mempunyai anak yang dihargai dari banyak sisi oleh guru/sekolah. Karena tidak semua anak mempunyai kemampuan akademik yang baik, tetapi banyak hal lain yang patut dihargai juga. Dengan melibatkan orang tua dalam acara pagi ini, kami semua tahu dan sadar bahwa anak kami adalah “begini-begitu” dan hal-hal yang terlihat kecil pun ternyata dihargai. Kan, jadi membuat suasana asik. 🙂

Foto para penerima student of the month ini akan dipajang di dinding sekolah, dan juga ditampilkan pada situs web sekolah. Tentunya “hal kecil” ini akan berdampak besar pada para penerima.

Suatu model penghargaan pada anak didik yang menarik untuk ditiru. Sederhana dan berarti.

*/ : )

Advertisements