Tags

,

Brake pads

Brake pads

Mengganti suku cadang (spare parts) mobil adalah hal biasa bagi pemiliknya. Cukup mengetahui masalah yang ada, lalu cari alat yang diperlukan dan lakukan penggantian. Yang tidak biasa adalah “siapa pelakunya”.

Saya termasuk yang buta mengenal mobil. Saat di Bogor, jika mobil mengalami masalah maka cukup ke bengkel terdekat dan selesai urusan. Biaya mahal hanya pada pembelian suku cadang yang diganti, sementara biaya service terhitung murah meriah. Apalagi di bengkel langganan.

Persoalan berbeda saat tinggal di Michigan. Harga suku cadang banyak pilihan, tinggal lihat dilaman web maka kita bisa memilih. Atau datang ke toko suku cadang maka dengan mudah kita memilih alat yang diperlukan dan dibantu sepenuhnya oleh petugas toko. Yang membedakan adalah biaya tenaga kerja penggantian alat tersebut. Hal ini saya alami saat mobil di rumah mengalami problem dengan rem, dimana brake pads dan rotor harus diganti pada salah satu roda.

Memilih brake pads melalui internet amatlah mudah, banyak situs yang menyediakan layanan pemilihan untuk mobil tertentu (berdasar merk, tahun pembuatan, kapasitas mesin, dll). Membelinya pun mudah seperti yang tuliskan diatas. Dari keperluan penggantian alat, maka saya perlu mengeluarkan dana 50 hingga 80an USD untuk brake pads (1 set atau 2 pasang) dan 1 buah rotor.

Peralatan yang diperlukan.

Peralatan yang diperlukan.

Bagaimana dengan ongkos penggantian? Banyak laman internet yang menyediakan prediksi harga tenaga kerja untuk service tertentu. Misalnya adalah YourMechanic.com. Pada laman tersebut akan terlihat biaya antara 100 hingga 300an USD..! Bisa dihitung bahwa ongkos pemasangan brake pads bisa mencapai 3 kali harga alat tersebut. 😀

Saya memutuskan untuk menganti sendiri brake pads dan rotor mobil tua saya. Hal ini juga sesuai saran dari rekan-rekan disini yang mempunyai kreativitas ngoprek sendiri :-). Baiklah, untuk itu saya segera belajar dari Youtube bagaimana caranya mengganti brake pads dan rotor. Untuk keperluan pribadi maka saya cantumkan video tersebut dibagian akhir tulisan ini.

Selain membeli suku cadang, maka yang harus diperhatikan juga adalah kunci apa yang diperlukan. Untuk keperluan mobil saya maka diperlukan kunci ukuran 12 dan 18 mm. Beres, tinggal eksekusi.

Contoh dari Youtube.

Contoh dari Youtube.

Satu sore yang cerah, saya dan si sulung Alta, segera membongkar roda depan mobil kami di halaman komplek apartemen. Ganjal roda sana-sini, dongkrak pada bagian tertentu, buka roda, dan mulailah dengan urusan brake pads. Terus terang, ini adalah nekad saja, karena membongkar bagian mobil belum pernah saya lakukan kecuali hanya melihat orang lain melakukan di bengkel jaman kecil dulu.

Dengan bantuan tenaga Alta dalam membuka baut-baut yang cukup kencang (bapaknya bantu-bantu juga sih… 😉 ) maka berhasilah kami membongkar, mengganti, dan memasang kembali brake pads dan rotor-nya dengan sukses, yeah..! 😀

Begitulah, saat kondisi terdesak maka penggunaan akal dan aksi menjadi sangat penting. Dan Youtube menjadi guru terbaik, tampaknya… 😀

Video penggantian brake pads dan rotor dapat dilihat berikut ini:

dan

.

*/ : )

