Tags

,

SPBU milik BP

SPBU milik BP

Harga bensin berubah harian itu biasa. Tiada diperlukan lagi pengumuman dari pemerintah mengenai kebijakan kenaikan atau penurunan harga bensin. Semua dilepas kepasar dengan bebas. Bebas? Entahlah, saya kurang tahu pasti apa yang terjadi sesungguhnya dibalik semua perubahan harga ini.

Ada empat jenis BBM yang dijual di hampir semua SPBU di sini. Keempatnya, dari yang paling murah, adalah Regular, Midgrade, dan Premium untuk jenis bensin. Satu lagi adalah Diesel yang biasanya mempunyai harga tersendiri, atau tidak terkait langsung dengan fluktuasi harga bensin.

Jika ditanya: Berapa harga bensin di Michigan? Maka sulit mengatakan dengan tepat, karena tiap SPBU memasang harga yang berbeda untuk ketiga tingkat bensin yang dijual. Untuk yang tingkatnya sama (misal: sama-sama Regular) tetap saja ada perbedaan walau berbeda 0,001 US dollar. Bahkan untuk SPBU yang mempunyai nama sama (misal: Speedway, atau Mobil, atau Marathon) mereka mempunyai harga yang sangat mungkin berbeda.

Grafik harga bensin di Amerika (rerata), Michigan, dan di California (Amerika bagian Barat).

Grafik harga bensin di Amerika (rerata), Michigan, dan di California (Amerika bagian Barat).

Satuan harga bensin di AS adalah USD/Gallon. Sedangkan jika kita berfikir dalam satuan liter maka tinggal kita konversi: 1 gallon = 3,78541 liter.

Kembali ke harga bensin, saat saya mengetik tulisan ini, harga bensin Regular di SPBU Marathon (yang paling dekat dengan rumah) adalah 2,16 USD/gallon. Jika kita berfikir dalam rupiah dan liter maka sekitar: 28.782 Rp/gallon, atau sekitar 7.600 Rp/liter. Angka tertinggi yang pernah saya alami dalam setahun terakhir adalah disekitar 3 USD/gallon, sedangkan terendah adalah disekitar 1,6 USD/gallon, untuk wilayah di sekitar kota tempat saya tinggal.

Peta sebaran harga bensin di Amerika.

Peta sebaran harga bensin di Amerika.

Dari peta harga bensin diseluruh Amerika maka terlihat bahwa harga bensin di bagian Barat lebih tinggi daripada di bagian Timur atau Selatan Amerika. Tanya kenapa? 😀

Harga yang beragam walau dalam sebuah kota yang sama, bahkan pada SPBU yang bersebelahan, membuat pembeli harus pintar-pintar memilih jika pertimbangan harga menjadi yang utama. Hal ini menimbulkan layanan gratis berbasis web yang menginformasikan harga untuk tiap SPBU di seluruh Amerika. Salah satunya yang cukup populer adalah GasBuddy.com.

Situs ini memanfaatkan informasi yang diberikan oleh publik mengenai harga bensin di setiap SPBU. Publik dapat mendaftarkan diri pada situs tersebut, dan melakukan pengisian/pembaruan harga bensin yang ia ketahui dimanapun ia berada. Pengiriman harga bensin ini dapat dilakukan melalui laman web komputer/desktop ataupun ponsel melalui App gratis. Pelibatan partisipasi publik yang menarik 🙂

Peta sebaran SPBU dan harga bensin.

Peta sebaran SPBU dan harga bensin.

Saya cukup menikmati informasi sebaran harga ini, baik dalam bentuk tabel ataupun peta, karena aplikasi sederhana ini menampilkan harga bensin pada SPBU terdekat, ataupun bisa untuk SPBU tertentu melalui proses pencarian/query. Sehingga memudahkan untuk memilih SPBU mana yang akan menjadi sasaran pembelian.

*/ : )

Advertisements