Tags

,

Peta masuk kosong pada 8 November siang.

Peta masuk kosong pada 8 November siang.

Pemilu untuk memilih Presiden di Amerika Serikat tengah berlangsung. Hingar bingar yang luar biasa tidak hanya di seluruh negeri ini tetapi juga ke seluruh dunia sejak setahun terakhir. Setidaknya berita-berita tersiarkan di pelosok dunia, walau tidak semua orang peduli akannya.

Hari ini, 8 November 2016, rakyat Amerika menggunakan hak pilihnya. Berbeda dengan sistem pemilu di Indonesia dimana satu orang punya kekuatan satu suara, maka Amerika menganut sistem yang berbeda.

Pemilihan Umum (Pemilu) Amerika Serikat diselenggarakan setiap dua tahun sekali pada bulan November tahun genap. Pemilu selalu jatuh pada hari Selasa yang jatuh setelah Senin pertama pada bulan tersebut.

Walaupun diselenggarakan setiap 2 tahun sekali tetapi, hanya setiap 2 tahun pemilu itu digunakan untuk pemilihan anggota DPR dan beberapa dari anggota senator dan 4 tahun sekali jabatan Presiden AS diperebutkan, dan pemilu yang inilah yang umumnya menarik perhatian dunia, contohnya Pemilu AS 2000 dan Pemilu AS 2004. (Wikipedia)

Penjelasan detil mengenai sistem Pemilu di Amerika dapat dibaca lengkap di Wikipedia (klik disini), atau di Kompas.com (klik disini).

Sebagai pemerhati pemetaan, yang menarik bagi saya adalah bagaimana penyajian hasil pemilu dalam suatu peta (atau gambar yang berorientasi keruangan), dengan proses yang near real time.

Beberapa situs penyaji peta/gambar hasil secara near real time yang cukup menarik adalah sebagai berikut:

Dari peta-peta daring diatas dapat kita ketahui bahwa siapa saja calon Presiden Amerika Serikat (hanya dua orang? ah masaaak…) dan bagaimana kondisi pertarungan di masing-masing state (negara bagian) antara dua partai besar yang selalu bergantian memimpin negeri adidaya ini.

Selamat menikmati 🙂

*/ : )

Advertisements